BIANG KEROK MESIN JEBOL…!!!
Yamaha Vixion & Jupiter MX memang mengusung teknologi canggih… salah satunya system pendinginan air (Liquid Cooled) pada head cylinder & block silinder……. Nikmat rasanya mengendarai kedua type motor keluaran Yamaha tersebut, tetapi kenikmatan tersebut rupanya hanya fatamorgana belaka……
Liquid Cooled memang berfungsi untuk mendinginkan/menurunkan/menstabilkan temperature/suhu pada mesin yaitu pada cylinder head& cylinder block yang menjaga ruang baker mesin mencapai suhu optimal serta dapat membuat endurance mesin tahan lama…… tetapi mengakibatkan kita lengah terhadap mesin motor kita layaknya kita sedang memakai kendaraan dengan mesin berpendingin udara (Air Cooled) yang ada semacam sirip pada cylinder head & cylinder block untuk melepas panas ke alam bebas yang dapat berakibat FATAL…!!!
Jangankan penunggang/rider/user yang mempunyai vixion/Jupiter MX yang tidak mengerti tentang mesin motor kesayangannya….. Mekanik beres pun ada yang belum menguasai pasal perawatan Liquid Cooled ini…
Contohnya sebuah kasus dari belasan kasus yang sama singgah ke saya pada hari sabtu serta mendorong saya untuk menulis artikel ini karena sudah tak tahan lagi dengan perlakuan mekanik beres pada vixion customer saya……
Berdasarkan laporan sang end user rupanya vixion beliau awalnya jatuh lalu di bawa ke beres Yamaha langganannya untuk membenahi vixionnya yang katanya sempat menginap 3 hari di beres Yamaha, selesai dari beres timbul keluhan dari sang end user “kok air radiatornya sering habis terus yah? Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan lalu yang di radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya lambat sekali dan berat topspeednya”. Singkat kata beliau kembali meluncurkan vixionnya ke beres Yamaha langganannya kembali untuk di “beres” kan keluhannya. Akhirnya menginap lah kembali vixionnya di beres Yamaha… kalau tidak salah 2 hari menginapnya ujar beliau.
Tetapi rupanya penyakit motornya yang sama kembali membuat ulah…….. “air radiator sering habis Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan lalu yang di radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya lambat sekali dan berat topspeednya” kembali si end user berujar. Akhirnya setelah bernegosiasi tentang jadwal booking bongkar mesin pada saya tersepakati maka kemarin lah saya di beri kesempatan untuk memeriksa & membongkar mesin motor vixion kesayangannya.
Setelah saya bongkar……. “Alamaaaaaaakkkkkk telat beberapa hari aja bisa jebol total nih mesin vixionnya boooossss……. Diapain aja boooosss mesinnya kemarin-kemarin menginap berhari-hari di beres Yamaha….. ini juga gasket/paking head silinder, paking block silinder bagian bawah & cover waterpump pake di kasih lem segala…ck…ck…ck…” ujar saya kepada sang pemilik vixion.
Mari silahkan disimak sebagian foto-foto berikut ini. Jangan lupa untuk menyiapkan kacang goreng, kopi, rokok & kartu remi yaaaah wkwkkwkwwk…….
Alangkah kita sebaiknya selalu check mesin motor kita yang bersistem liquid cooled/water cooled seperti Yamaha V-ixion & Jupiter MX apakah ada kebocoran seperti pada gambar berikut ini =
Selalu check ketinggian permukaan air radiator pada radiator seperti gambar berikut ini =
Dan terakhir serta yang paling UTAMA untuk yang suka bongkar-bongkar mesin V-ixion/Jupiter MX dapat men-check tanda-tanda kebocoran air radiator pada waterpump (seal karet & as rotor baling-baling pompa nya) seperti pada gambar berikut =
Ingin mesin V-ixion or Jupiter MX anda di dalam crankcase nya dipenuhi bubur sum-sum seperti gambar-gambar di atas kah…?
Silahkan dirawat & diperhatikan kesehatan mesin motor nya yah… jangan sampai terlambat…
PS = Apabila melakukan service pada beres kalau bisa diperhatikan kerja mekaniknya & bawel sedikit tidak apa-apa demi parts-parts yang harus di ganti, jangan ditinggalkan begitu saja motornya demi secangkir kopi di warung seberang bengkel resmi. 😉
WASPADA… WASPADA… WASPADA LAH……………
turut prihatin ….
jadi masalah/penyebab sebenarnya ada dimana nih? pingin ngerti jg
Masalahnya terletak pada ketidak cermatan si mekanik beres ymh. Tidak melihat & mengganti seal karet & as rotor baling2 waterpump yang sudah rembes sedikit… coba awal-awalnya kalau diperhatikan & diganti 2 parts tersebut pasti tidak akan ada “Gerobak bubur sum-sum” yang dagang di dalam crankcase itu mesin…. heeeeeee….
air campur olie jadi bubur sum-sum
nice post bro! biar pengguna liquid cooled paham kalau ada kebocoran! 😉
dapat ilmu tambahan lagi nich….walau blm punya yg pke radiator…..thank’s mas bro…!
nice info bro….
wkwkwkwkwkwkwk…..
vixi ane jadi bahan diskusi neh…. pake acara tukang bubur sumsum lagi… 😀
sebelumnya saya ucapkan rasa terima kasih buat om vhanz yang telah jeli dalam melihat penyakit vixi ane, entah apa jadinya kalo sampe ambrol daleman mesin ane.
terima kasih juga telah MELUANGKAN waktunya selama 12 jam untuk bersih-bersih buburnya… he he he… untung bukan baso yang ada di crankcase nya …
teng kyu veri mat….
ntar kalo dah selesai inreyennya dan kalo ada rejeki lebih kita lanjutkan upgrade performa mesinnya ya om…. biar bisa ngacir diatas 150kpj ….ok
wkwkwkwkwk…. ketauan dweh sang pemilik vixion sebenarnya… xixixiixi…
Thanx om Friz atas diizinkannya kemarin untuk sesi photo2 daleman mesinnya agar bisa jadi tambahan informasi kita-kita semua pemilik motor bersistem liquid cooled. Dan juga mohon maaf sebesar-besarnya telah sudi menunggu kami berdua bersih-bersih daleman mesinnya hingga berjam-jam lamanya 😉
Terima kasih kembali sebesar-besarnya kami ucapkan kepada om Friz…
Btw inreyennya mpe 2000km ye om…… jangan lupa tuh tips-tips dari saya kemarin agar lulus inreyen sampai 2000km… nanti kita lanjut lagi proyek berikutnya 😉
brohhh bengkel mana itu
bengkel mana tu vroohh
nice share bro,ane punya mx ga tau apa” nih tentang mesin yg pake radiator
cek motor dulu 🙂
nice info dab…
matur thankyu
weeee…serem jg yah……ini sich bukan salah siapa2…mungkin mekaniknya lengah aja…sebaiknya diperingati mas..biar kejaidan pada motor lainnya
Saya awam nih soal motor, mohon pencerahannya
Emang gasket gak perlu dikasih lem to? soalnya selama ini bengkel2 kl pasang gasket biasanya dikasih lem. tetangga sy kl pas bongkar vespanya, sbg ganti lem dia pk sabun colek.
Untuk mesin dengan sistem liquid cooled (berpendingin air) gasket head silinder & paking kertas blok bagian bawah itu tidak boleh di berikan LEM red silicon/threebond/lem merk lain…. karena apabila gasket head silinder di beri lem maka apabila 4 baut head di kencangkan lem tersebut akan menggumpal alias menutupi lubang/jalur waterjacket pada head silinder. belum lagi kalau sudah lama pasti lem tersebut ada yang lepas sebagian dan menyumbat kisi-kisi/jalur didalam radiator. Selama ini saya tidak pernah memberikan Lem pada gasket head silinder MX & Vixion yang berbahan seng. Kalau sabun colek sih saya berikan tapi untuk paking kertas blok bagian bawah apabila sewaktu blok silinder dilepas or paking kertas bak kopling & bak magnet ada sebagian/sedikit yang terkoyak/terkelupas. 😉
Serahkan semua kepada ahlinya,nanti semuanya akan beres bros.
wahh ini merupakan tegoran buat mekanik beres…. ternyata mekanik beres bisa lengah juga ..hehehe
Yaaaaaaahhh namanya juga manusia om…… pastti ada khilafnya…. 😉
tapi jangan asal ahli…. ntar diserahkan ke ahli nujum , bukannya bener motornya malah diramal.. wkwkwkwkwkwkwkwk
Diramal ma Ki Grandong yah om…? wkwkwkwkkwk…….
Upssss……
sekalian sama mak lampirnya om, biar lengkap sekeluarga wkwkwkwkwkwk
emang harus hati2 klo ke beres, bawel wajib hukumnya soalnya ngga semua mekanik ngerti keadaan motor lebih baik di bandingin kita (dalam sehari berapa motor tuh yang di tanganin sama mekaniknya, beda2 pula karakternya). kecuali bisa milih mau sama mekanik yang udah biasa megang motor kita. yang paling sering gw alamin sih air filter non ori di semprot pake kompressor, sama busi iridium di bersihin pake sikat kawat yang bikin ujungnya abis/ patah. ogah lengah lagi deh, sayang motor. mau lebih bener lagi sih di bawa ke goa lampir di cijantung :mgreen:
Mahal yah bro harga mbusi ngiridium yang baru… btw yg rusak merk Ndeso apa Ngek…? wkwkkwkwk….
Hmmm…tuch mekanik beres kayaknya ngambek…itu sih namanya bukan diolesin lem…tapi menuangkan satu kaleng lem ke dalam mesin…sampe geleng2 nich gw…ternyata pengalaman gw dulu pake Vixi yg gasketnya di lem ada jg yah yg nyamain…walaupun gak separah yg dimuat di artikel…hehe…
Om Vhanz…sekedar share…gw pernah air radiator cepet habis (lokasi di tabung radiator) & ingpo dari kepala mekanik beres silinder head melintir yang ditandai oleh atau cara ngetahuinnya adalah buka tutup radiator depan, kunci kontak posisi ON kemudian starter pake elektrik starter…nah kalo air radiator MUNCRAT…itu tandanya silinder head melintir…nah kalo gak muncrat berarti posisi aman.
Kalo dah gitu otomatis harus service besar…ganti paking2 dah beres dech…
Bener begitu kah?…sorry kalo gw salah…maklum…bisanya cuman make motor doang…xixixixi.
Air radiator muncratnya pelan2 (airnya muncrat titik-titik) seh itu ga bocor kompresinya bro, karena hanya kena getaran mesin saja… tp klo muncratnya dah seperti gunung meletus yang muncratin laharnye sangat kuat/tinggi bener/tinggi sekale itu baru bocor kompresine….. cara sederhana ada yang gampang…… kalau abis jalan-jalan mengendarai motor sedikit lama dengan di geber-geber (seperti biasa kalau dipakai ke kantor) lalu matikan mesin terus diamkan sampai mesin dingin….. naaahhh tinggal buka deh radiator cap/tutup radiator… jikalau terdengar suara (seperti suara udara yang menghisap/tersedot kedalam radiator) nah itu sudah TOTALLY 100% bocor kompresinya/air radiator masuk ke ruang bakar.
Hehehe…muncratnya dah kayak gunung meletus…
Terakhir keluar asap yg bertekanan di Box Filter…begitu bongkar mesin…piston dah rompal pinggirannya…capek banget daaaah ngurusinnya…hehe
nice inpo bro… jadi kudu hati-hati neh, jangan sampe bubur sum-sum nangkring di mesin.. hehehe
bubur-bubur…
bubur sumsum
bubur ayam
bubur betawi
bubur menado
bubur kacang ijo….
ayo buburnya bang …. bubur…bubur…
kasus yang menarik,
bukan untuk menjelekan produk lain yah
cswan juga pernah begitu, air radiator bercampur oli
karena seal waterpump bocor.
namun IMHO bukannya air radiator bukan air biasa.?
jadi ngga akan menyebabkan bubur sum-sum kaya gitu.?
soalnya di cswan olinya hanya berubah menjadi encer dan kehijauan mengikuti warna coolant honda.
kalo oli sampe putih gitu, mungkin juga air radiatornya bukan asli atau memang punya yamaha kaya gitu.??
mohon penvcerahannya,
sekali lagi ini murni bertanya, ada yang bisa bantu.?
bukan untuk menjelekan produk lain yah,…
Sama kok bro di mesin yamaha LC juga begitu….. bisa dilihat pada gambar waterpump diatas.. masih ada kan warna hijau-hijaunya? naaaaahhhhh jikalau belum terlalu lama bocornya (air bersatu/kimpoi dengan olie) yah pasti seperti yang bro utarakan… nah ini kan sudah berlarut-larut air bersatu/kimpoi dengan olienya (radiator & reservoir tank habis kering kerontank tidak ada air coolant) jadi yaaaah mengundang abang tukang bubur sum-sum deh jualan di situ… Gratis euy tidak kena retribusi (kata tukang bubur sum-sumnya) xixixixii…….
bubur…bubur….
buburnya bang…?
wakakakkakak . .
serem amat tuh daleman . .
harusnya masuk acara tv PEDULI KASIH aja tuh . .
xixixixiix . . . 😀
ati2 diarea pompa…sering banget jebol..kalo meleng en kagak ngerti mesin…….
HHmmm…pantesan siFR1z ga pernah hadir ditrit top speed ..xixixixii… btw,mungkin masalah bubur sumsum itu bisa ketauan lebih dini kalo kita rajin mengganti oli kali ya…
Cieeeeh…yg rajin ganti olie…ngomongnya kek gitu deeech…itu vixi nya friz bisa gitu soale di baknya olie dicampur nasi…makanya jadi bubur…xixixi…sorry becanda bro…
Btw…mana nich video top speed di youtube yg terbaru??…hiks…
Ehem…ehem…. iye deeehhhhhh yang rajin ganti olie tiap 500 km :p
ehem..ehem…xixixii….
wkwkwkwkwk… maniak speed pada komentar dah neh…. ntar kalo vixi ane dah sehat lagi.. ane ikutan nyumbang videonya deh… untuk sementara diganti sama videonya mirip ariel aja ok…. wkwkwkwwkwk
ngomong-ngomong ada yang mau bubur ga? wkwkwkwwkwk…..
bukannya titik didih coolant berbeda.??
beneran bisa jadi putih walau yang masuk air radiator nich.?
baru tau lho,…
saya pikir ngga akan sampe segitunya.
karena air radiator di rebus aja ngga bisa mendidih koq
cuma panas aja air nya… IMHO yahh
thanx atas infonya.
yah jelas atuh bro klo di rebus diatas kompor mah tidak bakalan mendidih… lha wong derajat temperaturenye api kompor minyak tanah/gas msh jauh dibawahnya derajat temperature ruang bakar mesin motor/mobil yang panasnye ampun-ampunan…….. heeee……
Pada mobil (yang dulu sering saya bongkar juga mesinnya) apabila air coolantnya bercampur dengan oli pun kalau terlalu lama yah sama saja jadi bubur sum-sum terkecuali tidak terlalu lama masih bisa olinya seperti yang bro utarakan sebelumnya….. Coolant mobil yang paling mahal dan terkental lhooo komposisi nya ketimbang coolant ori motor… jangan-jangan coolant ori pabrik yang bro maksudkan ke-enceran lagih komposisinya terlalu banyak air nya ketimbang additif coolantnya. 😉
CMIIW
justru saya malah mau membandingkan coolant nya honda
dan yamaha, bagusan mana gitu
soalnya sebelumnya di cswan pernah gitu olinya ga sampe putih
jadi asumsi saya coolant yamaha yang aneh
rupanya salah tafsir,..
berarti tergantung jangka waktu pemakaiannya yah,..
bagusan pakai coolant punya mobil bro….. beli yang merk termahal (serta jangan lupa perhatikan komposisi-komposisi additif nya)….. jangan beli merk yang termurah… “karena ada harga pasti ada kualitas” 😉
air radiatornya motor bro yang bercampur dengan oli di crankcase sedikit kali bro…. tidak sampai beberapa kali radiator & reservoir tank nya kekeringan…
tapi bukannya kalo motor jepang ada peraturannya
jika menggunakan barang bukan rekomendasi kaya oli dan coolant
maka garansi akan hangus.???
dilematis juga
hmmmmmm…… bukankah Peraturan itu dibuat untuk di langgar? xixixixi…… ohya kalau mau rakyat indonesia benar-benar patuh dengan peraturan pasti di jalan raya semuanya pengendara motor sudah rapih jalannya, di lampu merah sudah tertib semua berhenti dibelakang garis dll…… 😉
Btw memangnya bisa membedakan coolant pakai merk apa walaupun warna coolantnya 100% sama?
Dan pertanyaan bro diatas itu tentang garansi hangus apabila pakai coolant tidak dari pabrikan motor tersebut saya hanya jawab simple saja……
“Itulah Trik Marketing pabrikan dalam menjual semua parts-partsnya agar laku keras bro” 😉
waduh mas… hari gini masih ngarepin garansi…. saya aja dari pertama beli motor aja ga mikirin garansinya… kalo terus ngikutin garansi kok kesannya kita “diatur” banget sama sama orang lain. tapi ini pendapat pribadi lho mas… no offense yah…
kalo coolant mungkin ngga ngerti dah,..
cuma kalo pakai oli yang berbeda pasti ketahuan sih bro,..
memang sih ya,..
seharusnya kalau pabrikan yakin barangnya bagus
harusnya pakai oli / coolant apapun ngga akan rusak.
namun dilematisnya adalah kalo beli oli di bengkel umum
bukan menjelekan namun biasannya harga miring
tapi oli palsu,..
nah mesin rontok dechhh
yah kalau oli maybe ada yang aspal, yaaaaahhh namanya jg indonesia….. di SPB* aja suka ada yg aspal xixixii… but kalau saya ga sembarang beli olinya bro…. gampang kok membedakan oli aspal dengan yang asli… kalau saya cukup cium baunya saja insya ALLAH sudah terdetect 😉 yah paling yang stock hanya oli Qua*ar P2 beserta aditif olinya saja 😉
serem….air kalo masuk ruang bakar bisa water hammer…piston bisa kalah…tapi sebenarnya kalo waterpump itu tidak pernah dibuka, gak akan bocor/rusak silnya, apakah kerusakan ini gara2 kecelakaan sebelumnya ato karna dibuka mekanik beresnya tanpa di re check silnya?….
yah hanya Tuhan yang tau bro, tapi yang namanya seal pasti ada masa tayangnya, dan kalo memang sudah uzur pasti akan timbul masalah… 😀
buat mas newbie sama om ivan kok malah jadi debat produk coolant sama oli seh
kan permasalahannya bukan itu…. wkwkwkwwk….
sory om becanda doang 😀
bukan berdebat sich bro,..
hanya klarifikasi aja,..
kan saya pernah dapat kasus cswan
jadi modelnya ngga begitu,..
nah kenapa bisa begitu,..
makanya saya konsultasi sama juragan warung bro,..
Gpp kok bro. saya juga tidak mengajak bro berdebat kok…… jawaban2 saya semuanya netral khan bro…? xixixii……
Ohya case cs1 si bro yg oline lom sempet jadi bubur yah itu belum terlalu lama dan berkali2 radiatornya serta reservoir tanknya kering…. yang penting dirawat dengan extra ketat saja bro motornya… 😉
sory bro , aye aga OOT yah
bro vhanz , request foto magnet vixion dari semua sudut bro
supaya semua pulser yg ada 12 itu keliatan dalam 1 foto bro (termasuk tanda top pada lubang intip bak sepul)
semoga request aye di sambut hangat…(ngarep mode : on)
wow pulsernya ada 12…mau liat juga donk…
oke bro…….. besok hr sabtu kebetulan ada pasien vixion mo dibelah jg mesinnya….. nanti saya ambil photonya (atas izin si empunya) ya but ga janji yah bro…… 😉
iya sih ketahuan setelah km.500,..
jadi motornya bener2 baru,..
ternyata kami ganti satu set cover crankcase kanannya baru sembuh.
Ini sekalian share bro ane jg pernah ngalamin hal yg sama cuma yg ini gara2 masang sil oli di carter sebelah kanan kebalik and berakibat batang klep hisap abis sebelah n noken as baret. Gejala suara kasar puol n tiap ke beres cuma disetel klep tp ga pernah beres. Sampai akhirnya cb2 buka lubang oli diatas leher knalpot dan ane kaget 1000 keliling ternyata ga ada oli yg liwat situ dan hal itu berlangsung sampai sekitar 2500km. Cuma gara2 seal oli yg sekali lagi cuma 20rb tp ane ngabisin dana ampir 600rb buat beli klep isap 2 noken as sil air radiator plus jasa bengkel
Ane berpikir ternyata ga semua beres bikin beres…..
well memang ngga ada yang sepenuhnya salah, dan ngga ada yang sepenuhnya benar.
namanya juga manusia, kadang bengkel umum bisa marvelous hasilnya.
cuma kalo beres macem2 media komplen nya kan ada
ngga kaya bengkel umum yang ngga jelas mau komplen kemana.
untuk masalah oli tidak naik ke head silinder selain yang bro nadin maksudkan bisa juga dari filter oli std vixi/mx yang tersumbat… yah jangan sungkan-sungkan untuk turun tangan sendiri lah demi motor kita tercinta daripada dirumah ga ada kerjaan mending iseng-iseng check motor sendiri 😉
Untung vixion bro Friz (photo-photo diatas) walaupun didalam crankcasenya ada gerobak bubur sum-sum namun oli nya masih bisa naik ke head silinder…. kenapa masih bisa…? karena beliau memakai FILTER OLI ORIGINAL SCORPIO (yang bahan filternya bukan terbuat dari kertas) hehehehehe… masih ada yah “UNTUNG” nya… xixixixixi….
iya untungnya pake filter oli scorpio om…. coba kalo pake mangkok ditambah krupuk + tusukan sate .. pasti tuh bubur dah siap santap wkwkwkwkwkwkwkwk……
cara berisiin sisa sisa bubur sum2nya gimana…
hadoh bossss, motor ogut juga kena neh. masa tadi ganti oli di dalem mesin ada air radiatornya…. pusing tingkat tinggi nih. klo blh tau penyebap air radiator masuk ke mesin tuh karena faktor apa saja ?
TIPS & TRICK nya =
1. Perhatikan ketinggian permukaan coolant pada radiator… apabila berkurang tetapi coolant pada reservoir tank diatas garis FULL alias ampe luber maka sudah di pastikan coolant menyusup ke ruang bakar melalui gasket head.
2. Perhatikan coolant pada reservoir tank… apabila berkurang atau habis tak bersisa tetapi coolant pada radiator masih FULL atau berkurang sedikit maka sudah dipastikan coolant menyusup ke crankcase mesin melalui SEAL WATERPUMP & AS ROTOR baling2 waterpump dan di pastikan Pedagang BUBUR SUM-SUM pasti menggelar LAPAK nya… xixixixii….
PS = Yang paling banyak kasus nya yaitu pada point no. 2
Semoga VIXIONers & MXers dapat selalu mewaspadainya….. WASPADA… WASPADA LAAAAAHHHHHHHH……. 😉
yg mau kasi jawaban tolong ke fb gw ya, jerri_friski@ymail.com thnxs…..
BOSS mw tanya ni vixy ane kerendem banjir mpe radiator kerendem…yang perlu dcheck apa j ya??trs knp radiator ane bunyinya jd berubah bis kejadian tsb???
asal waktu terendam mesin tidak mati ga papa kok bro… radiator aneh bunyinya itu bersihkan saja kipas radiatornya… siapa tau bearing kipas radiatornya seret kena air..
bos MX ane jg kxak gto,,,,,
tp udah d bore up pake seher 62 mm
trus pas d bwa trak2 kan msin menddk mati,pas waktu tutup radiator d bongkr airxa xembur gaxak gunung meletus gto….
pakingxa pake std yg udh d korek…..
stlh d cek airxa masuk k dlam blok silinder
plus k dlam crankcase,,,
kasih tau dong solusixa bos……..
ps : udh d coba ngak pake lem gesked tp mash sm jg th pexakitxa.
oh ya kalo paking headnya di lepas/ ngak di pake ada efek negatifnya ngak om…….
pleace di bantu om.
thans…………..
bos g mna craxa nentuin top teming/gigi teming d noken as jupi mx yg udah di bore up……
sekalian gambarxa bos….
coz top xa ga` mau pas,
kalo ga` kelebihan ke bwah ang ga` nyaampe top xa……..
Mas..sy pny keluhn dgn vixi sy, knp suarany kasar sperti suara kacang hijau lg di aduk2 dikaleng, apa lg klw rpm tinggi, tp klo kt tekan kopling dan lepas gas suara berisikny berkurang. Pd hal sdh di bw ke dealer resmi, bahkan sdh ganti blok, seher, piston, noken as, rantai klep.. Tp msh tetap ada suara kacang ny.. Tolong pencerahanny mas..tq
itu suara gear boxnya mas….udah ga beres tuh….gw pernah baca tread sblh…..
Boz gw mw tanya neh….
Gw pnya jupi mx, baru 2 thn, tp penyakitan truz… Baru 1 mnggu kluar dri opname, ehh mlh mnta di opname lgi…
Msalahnya air radiator (coolant) ada yg masuk ke mesin, ada jg yg masuk ke tabung penampung di bwh mesin, klo di hidupin mesinnya sih oke, gk da suara2 aneh.. Coz udh bnyk bngt yg di gnti, spti stang seher, piston, klep, as klep, block, seal radiator, rantai temeng…
Ntah apa lg yg di gnti, tpi ttp ja tuh air muncrat kyk gunung meletus, n bubur sum sum pun dtng… Mohon pencerahannya boz
apa ada yg prlu di gnti lg gtu??
jiahh.. :-S motor gw juga kaya gitunya kyanya bos, tp blum cek ke beres, kmarin cuma ganti coolant, aja, tp kata mekanik(bengkel biasa) kemungkinan paking headnya bocor.. overheat trur, coolan di reservoir dah abis, baru di isi 3 minggu yg lalu. biayanya berapa ya bos benerin gituan ? klo ampe ke mesin, bangkrut dah gw :-S
I like Your Article about BIANG KEROK MESIN JEBOL…!!! Modifmania.com Perfect just what I was searching for! .
sebelumnya sya mw kasi tau ja sama mas yang pintar ini. ad maksud lain dari si perancang jupi mx ni tentang aliran pendigin ini. si perancang tuh lebih tau ap yg dia maksud. sedangkan mas baru jd pintar ja udah sok tau…
saya mau tanya nich.
saya punya motor jupiter mx cw.keluhan saya pada motor saya ini pada air radiator sering habis 2 hari sekali.padahal sudah diperiksa kedaeler y tidak ada kebocoran.cara mengatasi bagaimana .
Om Mx ku udah di Bore Up jadi 150 ko Radiatornya bOcor melulu yah..?
sama seperti gambar di atas ada byak bubur sum-sumnya..!
supaya ga bocor lagi di gimanain ya ..?
segala cara udah di Coba tapi tetep aja Bocor lagi bocor lagi tolong bantuanya ya OM..!
terimakasih
Sama kaya nvl sy, sy tanem boringan, jebol mulu itu air radiator ke ruang oli, ini sy nyoba mo distandarin lg, pusing keluar duit mulu ganti sealpump 3x ga sembuh2 brooo
good information gan
mantab infonya bro.. harus rutin dicek dan perawatannya neh.. jgn sampe deh vixi ane produksi bubur..
Info yg brmanfaat mas. Thx.
skalian ni mas sy mau tanya, sy pnya vixion thn 2010, mtor sy udh pernah jatuh, skitar 5-6 blan yang lalu, tuk servis tune up sy rutin melakukannya,smenjak kjadian itu, mtor saya jdi kasar suara mesinnya.Tapi tuk akselerasi lmynlah , mhon solusinyA ya mas, trima kash sblmnya,
mas brow numpang tanya,, klo saya mau tmbah performa mesin jup mx sy, tp ttp aman saat di geber ap aj yg perlu di ganti,,? jup mw saya udah bor up pake silinder vixi, klo noken as biar lebih blarrr,,,!! Di apain klo di gnti pake mrek ap yg cocok? trims
Klo mesin jupiterZ klo ad bunyi ngritik, itu apanya yg kna om?
mas bro……mau nanya nie..
”mtor gue lo abiz jln trz brnti xo baunya k’gx enx ye,trz msinnya cpt pns lg…
pa ye pnyebbnya….??????
apakah masih bisa dibaiin tuu om motornya kalau udah seperti itu…??
kalau bisa, kira” biayanya berapa….??
brow,,,numpang nanya,
tandanya kalau air radiator vixi abis apa ya coz blum mngerti betul tentang radiator,,,
tankz..
bagaimana SiCh melakukan dlam MsiN KTa mNjdi spee
bang, kalau ane masalahnya. ada air warna ijo netes dari sirip sirip nya jup.mx ane bang. ntu knp yah
Motor saya udah 3x jebol gara2 masangnya di beres yamaha.
jarak waktu antara yang kedua dengan yang ketiga cuma 8 hari.
Mekanik di Beres Yamaha jarang ada yang teliti dan ahli,
sebab pelatihannya saja cuma dalam waktu 6bulan.
nah klo CBR? bisa kek gitu juga gak?
motor ane gak mau nyala apa ‘mungkin’ bisa dari radiator yg rembes ke ruang bakar??
klo jupiter mx gmna kalo air radiatornya keluar melalui knalpot
bubur na serem x bah….
takot lh awq liat na…
tkot terjadi sma mx awq tersayang…
kudu check N’ recheck ne motor awq…
makasih banget sarannya
ini sngat membantu sekali buat para penggemar yamaha vixion
siiiiiiiiiiiiiiiiiip………………..
mekanik BeRes nya bermasalah ni!… mosok air radiator bsa masuk mesin!… laporin ja ke Beres mekaniknya Gan!… repot klo ada orang lain jadi Korban! kan sparepart Vixion or Mx muahal…. hadeuhhhh
Wah bermanfaat banget nih…cuman gmn ya iar vixi sy awet yA? MAKLUM nabungnya lama buat beli vixi…
bos,bengkelnya dimana nih??ane ad scorpio,bs pasang radiator gk biar mesinnya gk panas2 amat di kaki kalo lg macet.thx
thx for info nya..
bang ngapa kla motor jupiter mxnya ngk kuat naik tebing
om kalo pakink blok silinder bagusnya pake lem tou gak pake lem ! mohon bantuannya
boz.tlat ne boz,blok mesin ane jbol ne!kira^ hrg^na brp y?
tlong email secpt^na y boz
ai punya masalah dengan motor jupiter mx yang ai punya, masalanya akselerasi hilang kurang tenaga seperti kehabisan bahan bakar tapi bila posisi netral bunyi mesin mantap seperti mesin tanpa masalah, nah yang ai mau tanya masalahnya dimana dan bagai mana cara mengatasinya??????
bang bang…tanya dung. seputar tips inreyen vixi. mumpung msih nunggu si merah mo d krim 3 hari lagi ^^. mkasih bang…
Makasih yach mas broo..atas infonya N makasih juga buat mas broo yg lg jal bubur..
Hehehehehehee..
Mas bro, salam kenal, saya wira dari bali, kl air radiatornya bocor lewat packing kop nya kira2 apanya y yg rusak, °·♡·♥τнänkчöü♥·♡·° sebelumnya.
om mau tanya nih,
air radiator ku hampir tiap hari selalu berkurang itu kenapa sebabnya ya??
apa karena mesin bore up dan selalu panas berlebih kah?
SORE OM, mu sher.. kalo si vixi kjadian kya yg d atas, kira2 untuk normalinnya abis biaya brapa? dan apa saja yg harus d ganti? apa cukup dengan mengganti seal karet & as rotor baling2 pompanya saja.
terimakasih
bang mau tanya
cara menaik kan top speed vixion enaknya gmna yaw….????
🙂
Salam bro om friz, saya mau tanya selama ini saya pakai oli bkn yamalube dari awal speck 15.40 (pabrik 20.40) km sudah sampai 19980an, setiap saya ganti oli yang aslinya berwarna kuning ke emasan, kenapa setelah 1000km menjadi hitam agak kehijauan, tetapi tidak hijau semua, hal serupa juga saya temukan ketika menganti saringan oli warna oli juga seperti itu, saya lihat d tabung cadangan oil culer selalu full begitu juga d radiator, nah saya mau tanya kenapa bisa seperti itu apakah ada rembesan dari radiator apa tidak, kondisi tidak ada masalah d mesin masih bisa gaspol, thanks all …
saiam bang,sy mo nanya.klu cilinder,piston ,ring piston, motor mx, di ganti sama cilinder motor vixion,plus piston,sama ring nya.di motor mx bisa ga? pengaruhnya apa ? thanks bang.
sory bang friz nambah,he he.motor sy jupiter mx.
bisa mas bro tgl plug nplay aja,
yang MERK TDR juga ada pling ntar sesuain Pj/Mj aja…
Trimakasi bos sdh kasih arahan buat mtr mx,saya skrg pkai mx new 2012.skali lg tnk.dr.DAVID.PLG.
iya mas bro..
bengkel resminya sering kgak jelas klo ndandani motor konsumen..
bengkel saya juga pernah kdtngan pasien…vixionnya sering mati sndiri dan sering air radiatornya kering…..,akhirnya kita bngkr dan ternyata ada selang yang gak rapet masangny oleh si mknik beres. tapi kita dapat gawean lebih, empunya minta di setting, kita turunkan mesinnya kita ganti blok set pk faito 62mm, huhuhuhuhu…nyuszzzzzz>>>>>> ama nokennya kita beli yg binta part tp kita olah lagi….,nyuing….nyuing…..di ukur kompresinya 11,8 : 1 aman pk pertmax plus, busi pk NGK G power,Coilnya pk Karisma…,cukup lah untuk memutar velg gambot…..,seting inject nya lupa klo g slh +3 . pas empunya dtg…setelah nyoba mtrny…beliau….pucat….karna motornya liar powernya…..alhamdulillah kita jg ikut snang….,kbr trkhir mtrnya mutusin cbr 150 tu hihihihihihihihihi
by JKMT (JK Manual TEch) Kalimantan barat
wuih bahaya juga thu…
kalau semisal kipas radiator vixy di buat berputar/bekerja/beroprasi saat kontak posisi on apa efek negatif dan positif nya?
menurut w mesin vixi itu jelekkk… dioprek tetep aja lemoottt bgt… sama supra 125 sama2 korekan kalah jauh bgt… besok2 nye jebol si vixi mesti ganti macem2 ampe 2 jutaan… akhirnya ane jual…yeyeyeyyeyeeee * vixi gak cocok buat kebut..cocoknye ngangkut sayur cz irit…
gan mau tanya vixi aq pada leher knalpot kok sering berwarna membara seperti besi yang di bakar. sampai aq tes buat nyalakan rokok bisa gan tolong
terimakasih banyak mas ats peringatanya.
ohya mas.
saya mau tanya ne.
bagaimana klw pengantian air radiator itu setelah mesin siap beroprasi.??
dan 1 lg mas
tentang CDI
klw SDI BRT dipasangkn ke mx 5speed apa ada epex samping nya gk mas.?
Sob..gmna ea ngatasi msin mx yg sering ngdap klo d bwa jlan plan?
motor kh mesin pemotong rumput tuh
saya juga pernah menglami hal yang sama dengan jupiter mx ku
Itu blok mesin koc ada buburnya bang….. Hahahahaha
Bang minta alamat bengkel nya dong,ane mau cek motor ane nih,d bengkel nya.
kalo cara buka seal nya gmn
jadi cara buka seal klepnya pie
Om saya mau nanya saya punya MX
Udah 3x bongkar Ƙººƙ air radiator N̤̥̈̊ÿ̲̣̣̣̥ά̲̣ masuk ke
Blok mesin terus Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺
Saya udah ganti paking ttp Åĵāђ oli N̤̥̈̊ÿ̲̣̣̣̥ά̲̣ putih terus
ĸªl☺ boleh tau kebocoran N̤̥̈̊ÿ̲̣̣̣̥ά̲̣ di mana Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺
mohon ijin ikut gabung dikit…..mas bro…
analisis yang mantap,,,luar biasa,,,,
begini mas bro…
ane mau nanya jupi-MX ,97 ane,, oli mesin sering berkurang kira-kira penyebabnya apa yah,,? dan yang harus diganti apanya..?
maklum cuma bisa makai doang ga ngerti mesin
terimakasih mas bro,,,,
bro.mx ane jga gt!padahal dah ganti seal water pump nya.tpi tetep masuk k mesin air radiatornya.kira2 apanya boz?
Amazing! Thank you so much, a wonderful job!
thank’s bro nambahhh atu lg ilmu na
Hi there to every one, the contents present at this web page
are truly amazing for people knowledge, well, keep up
the nice work fellows.
minta no. hpnya dong omm…
It’s actually a great and helpful piece of information. I’m satisfied that
you just shared this helpful info with us.
Please keep us informed like this. Thank you for sharing.
Wonderful post however , I was wondering if you could write a litte more on this subject?
I’d be very grateful if you could elaborate a little bit further. Many thanks!
canggih tapi ???
om mw nanya neh,,,pemasangan bagean paking plat dgn paking kertas di bagian waterpump itu kyagmna sih,,kan ada tuh paking kertas,,apa hrus dsmain ma lubang yg d plat,,ato dbuntuin,,,ituh gara2 bengkel resmi,,msa plang2 dr beres malah nyampur tuh oli ma aer radiator,,trus ane bongkar ndiri dah tuh,,gmna pmasangannya,,, d buntuin yah,,,
motor ane jupiter mx
The explained all-vegetable frowns. The undergrad smiles.
Over a wee marine prefers a spread out keep. If your drastically wrong robot
fall on the creep? https://alwahdy.wordpress.com/2010/07/12/biang-kerok-mesin-jebol/ — liked.
gan saya punya new vixion tapi baru jalan 3km mesin udah over heat/panas….dan lampu indikator nyala.saya cekan kebengkel resmi malah blum diapa2in katanya nunggu direkturnya atau apa,padahal buku servis saya untuk gratisanya diambil eh servisnya cuman cek pakai tool box itu doank g dicek radiatirnya,filternya,huft ngeselin pokoknya dech….dan hari ini motor saya jga masih kayak kemarin baru jalan bentar mesin panas padahl air radiator penuh di bok infus raditor penuh.oli mesin ada apa masalahnya ya gan?
Woah! I’m really enjoying the template/theme of this blog. It’s simple, yet
effective. A lot of times it’s tough to get that “perfect balance” between usability and visual appeal. I must say you’ve
done a amazing job with this. In addition, the blog loads extremely
fast for me on Opera. Outstanding Blog!
Mengapa bak magnet di kasih lobang emang ndak ke luar oil apa?
The other day, while I was at work, my sister stole my iPad and
tested to see if it can survive a twenty five foot drop, just so she
can be a youtube sensation. My apple ipad is now broken and she has 83 views.
I know this is entirely off topic but I had to share
it with someone!
Reblogged this on VJ RacingSpeed.
saya mo tau tanya seputar mtr saya yg ngadat mulu.kan saya punya v-ixion saya bor uf pengapiany j udh saya ganti pake mio.mslhny air radiator masuk ke dalam ruangn silinder/seher smpe2 mtr sush idup tlng impormasiny pak sya udah ke bngkel yg lain hslny sm j.gk ad perubhn tlng yg d sms ke no ini 085693741145
email.Rapsa_deni@yahoo.co.id /rapsadeni@gmail.com .di tunggu pak
bang sya mo tanya seputar mtr sya yg sering bngt minta jajan.saya punya vixin air radiatorny masuk ruang bkar trus smpe2 saya bor up dan d ganti pengapiany te2p j msh bocor udh d bawa ke bngkel2 msh j gk ad perubh tlng d kompirmasi y bang.trmakasih tlp 085693741145
bng mtr sya debol mulu gara2 serng air masuk ke ruang bkar mula2 sh d boor up solusiny gmana ya bang?
Bang saya mau nanyak, ini saya punya vixion 2012,,,kenapa bisa rusak kipas radiator,,,,,tlong kasih tau ya
Bang ane ada MIo ni tahun 2008 belom lama turun mesin ni bang gara2 ganti rantai keteng sama ring piston, nah pas udah keganti semuanya pas dipasang sekarang mlah timbul masalah baru bang
Masalahnya : 1. Oli enggak naek ke silinder head sama sekali bang ? Itu kenapa ya bang ? Tolong pencerahannya ?
Thanks bang sebelumnya
Mas tu penutup gigi tarik dpn vixion tu kn ada.diatas gigi tarik dpn tu ad goresan kcl yg panjangnya kr2 3cm.dr goresan itu mengeluarkan oli.pd awalnya sy krain tetasan dr rante yg dksh oli.stlh di periksa ternyat dr goresn kcl trsbt.it penyebab mk terjdnya goresan it ap y mas?? Dan cr perbaikinya gmn mas? Org bengkel blg di Lem tryta stlh kring msh mengeluarkan oli.smpi 3 kali pengeleman.stlh it org bengikel blg nt klw gbs trspksa di bongkar mesinnya kemudian yg tergores/bocor pd mesin it hrs si COR.ap bnr yg mrk katakan it mas???mhn dbls y mas
ngeri horror o_o
It’s wonderful that you are getting thoughts from this post as well as from our dialogue made here.
Mx saya ngak pernah nambah air radiatornya tp masih normal aja setelah di cek, ngak ada yang kurang apa lg motor saya sering di geber max tuk gasnya hari2 so alnya buat ngangkut minyak 220 liter, brapa tahun dari 2008 sampai 2013 ini ngak ada yang di ganti dalam mesin standar semua, tp saya lakukan ganti oli setiap 1000 km itu yang saya lakukan dan saya sudah buktikan motor mau awit jangan sampai telat ganti oli, salam kenal aja, hehe
With th ever growing popularity and ease of access to the how to make money fast market.
This is especially true if it was programmed by someone that did not know what they
were attempting to do, and how you can harness the power of Megadroid to birth its hope.
No one single method is the bestmethod in order to help you to better understand the how to make money fast Market is
a safe ways to be financially free. There is nothing known as ‘luck’, when you make a trade.
jossss bgt to boss artkl’y!!!!
sy jg ma nanya ni pak bos.
motor sy satria fu..
kalau di pakai suaranya mesinya berisik bgt.
terus kl pas gasnya di tarik,ada suara tekkkkk…..tekkkkkk…..tekkkkk!!!!
kayak ranrai lepas gt.
kemaren udah di bw ke benngkel suzuki.
tapi tidak ada perubahan sama sekali….
mohon masukanya pak bozzz…
Hi there I like your article. Thanks!
Waterpump bocor….
A
You may use that the ‘White Pages’ to get that the quantity of the person using that
the 411 directory assistance, however this service just isn’t without charge. Some companies have phone cellular phone number lookup, it is easy to find out the number from a broadband or satellite cell number.
After entering this suspicious number into that the search box & within
seconds, you will be given access to info such as that the telephone number
may be old or past. Before you let anyone in the house, search the incoming number to verify that it
actually came from your utility company. These internet websites can even get the name from an Internet
number or a Voice over IP VOIP number. Now, we will talk
about reverse lookup for cell cellular phone quantity of
any other person you want.
Motor vixion saya jg kena seal water pumpnya..tp blm dpt sealnya,dmn ya yg ad?
Mau nanya pak kop n pak blok cs1 sama dg mntor apa
biasanya klu oli udh kaya bubur sum-sum yang kena apa aja dan perkiraan biyaya habis berap mas bro
Of course, what a great site as well as educational articles, I’ll add backlink – bookmark this site? The info has been so very much appreciated!
This article will help the internet viewers for building up new web site or even a
weblog from start to end.
Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on
the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why waste your intelligence
on just posting videos to your site when you could be giving us something enlightening to read?
It may sound like you are creating problems yourself by trying to fix this problem rather than looking
at why their is an issue in the first place. It’s So much appreciated!
Good blog post! I am actually getting ready to do more ezine marketing and also coming across this information is very
helpful my friend. Also good blog right here with
all of the valuable information you might have. Keep up the good work you’re doing here. Regards!
mas tanda titik mati atas vixion gmbarnya sprti apa
Today, I went to the beach with my kids. I found a sea
shell and gave it to my 4 year old daughter and
said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put
the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!
Neat blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
A design like yours with a few simple tweeks would really make my blog jump out.
Please let me know where you got your design. Much appreciated info!
This is really attention-grabbing, You are a very professional blogger.
I have joined your rss feed and sit up for searching for extra of your magnificent post.
Also, I have shared your website in my social networks
kalo saya punya new mx. n d blog mesin terdengar suara jangkrik gtu. (cik cik cik). ane tanya ke bengkel. katanya ganti blog mesin. ada solusiii bank. coz ane kurang ngarti jg nh. mohon bantuannya
vega r sy suruh ganti keteng sm beres tapi sy tunda sebulan lg krn ga cukup uang apakah berbahaya buat motor sy?
I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
I don’t know who you are but certainly you’re going
to a famous blogger if you aren’t already 😉 Cheers!
thanx buat yg pnyk artikel dngn bca ini mx ku trselamat kan. .
emg bnar ternyta paking head jupiter mx gk boleh pkai lem tuch bkti.nya kmren aer masuk di ruang bkar ckup bnyk sampai2 mtor susah hdup. .
stlah bca artikel ini sya cek oli.nya trnyta brwarna ptih susu brcmpur air. .
pkok.nya kta2 di atas sma kyak mkanik d.beres kmren. .
alhmdllh besok udah bsa buat mudik. .
para agan2 yang baik hati….
saya mau nanya ne !!!!
saya baru ganti piston ama ring seher motor jupiter MX
kompresi bagus, pengapian juga bagus tapi kok motor engk mau menyala ???
mohon pencerahan na teman2 udah 2 hari ini muter otak cari kerusakannya 😦
Ms sy ada sp motor cs1 di buang oli’a bercampur dgn air, jika 1bln oli+air’a sedikit mengandung air.knpa itu ya ms
Wah mengerikan… ane juga ada sedikit pertanyaan nich mas bro… nvl ane ko seperti rembes dimesin bagian gasket2nya. Apa perasaan ane aja atau emang ada yg kena kasus serupa yupz? Soalnya di old vixion ane yg 2009 ane ga pernah liar debu nempel dibagian2 ntu… wajar ga ya? Km mtr baru 100km bukaan gas blm.pernah lbh dari 5000rpm sesuai petunjuk dibuku panduannya. Terima kasih infonya mas bro….
air radiator bisa ga pake air bersih, atau air jernih
Yang gini nih blog yang sangat penting,,, thanks info !! Ane bookmark dulu
was bro mx q sma persis dg gambr tsb,gmna solusine,088801709159
mf bos liquid jg pnas.a bngt krna air g gnti sma ja knp crita ni da pipa bru dilas kan pnas celupin diair diember udh 3 jam ko g dngin .ky diesel jg pke a
ir pnas bngt klu udh 1jam.y inti.a oli
ane numpang ijin share ni ilmu di club yang ane follow saat ini gan..thanks.
ane jg sring gregetan bang sma mekanik di beres
krja ny asal2an akhr ny ane jg sring pindah2 kl service
cri mekanik yg kerja ny bner2 ngerti mesin.
km udah 120km
perasaan udah mentok bgt gan
liat vixi yg lain seenak nya aja nyelip gua,,pdhl gua udah 120’n
Betul, bila kita Service di “Beres” harus di tungguin, kalau perlu nongkrong di deket motor kita yg di bongkar sambil pelototin mekanik-mekanik itu kerja, jangan tertipu dengan sertifikat-sertifikat lulus mekanik yang nempel di dinding, pengalaman pribadi ane, ketika jupe ane service bersih-bersih radiator, karbu, ganti oli, ganti rantai, setelah selesai maka besoknya ane test drive, tapi….. jupe ane larinya kayak nenek-nenek mabok,…. kesal banget…. akhirnya ane bongkar sendiri tuh jupe, ternyata…. tali gas tidak dipasang satu, TPS di minuskan, setting pilot jet dan main jet tidak sesuai dengan voltase TPS, selang pembuangan karbu lepas, Fiber sambungan karbu pecah sedikit, berapa baut ada yg gak di pasang, air radiator gax di ganti (ngakunya udah diganti), tutup mesin depan (dari plastik) patah, jadi saran ane….. hati hati kalau service di “beres” harus di tungguin didepan mata, jangan di tinggal…. jangan sampe di kadalin seperti ane.
trims infonya bro
treker magnet jupiter z apakah sm dengan treker magnet vixion?? Thanx. .
seblumnya maap bro, ane gak kirim artikel tapi ane kirim pertanyaan….
setelah membaca review tentang vixion yang waterpumnya rusak di sealnya…
nah kemarin ane ngalamin hal yang sama, dan udah ane ganti seal plus kipasnya. tapi kok tadi pagi ane mau berangkat kerja, ada bunyi kaya siulan dari water pumpnya ya?
apa ada kemungkinan selanya sobek lagi?
trimakasih atas jawabanya
Sepeda motor saya mengalami kebocoran air radiator dan air radiator masuk kedalam mesin lalu mengalami oli seperti bubur sumsum dan hanya di cuci oleh mekanik dengan oli bekas apa tidak masalah Bro.
kalau kendala ane begini gan.: air radiator tersebut selalu masuk ke ruang bakar (di piston), maka dari itu tiap hari kalau mau makai motor harus mengengkol +- 50 kali. ane bosen dengan masalah ini, tiap satu minggu sekali pasti bongkar. apa linernya terlalu tipis ya, masalahnya pistonnya ane ubah pakai piston suzuki thunder. udah ane coba gasket yang seng nya ane lem, tapi ttep aja air radiatornya masuk ke ruang bakar.
tolong solusinya ya agan agan semua.
mantaaap
saya punya motor vixion lampu indikator merahnya muncul terus pas di cek di beres yamaha katanya kipas nya mati tapi sebelum ane bawa itu motor ane uda coba cek kipasnya emang mati tapi klo dilangsungin nyala putar kipas itu kenapa ya bisa bantu gak adap arang/dinamo kipasnya yg rusak soalnya kata beres harus ganti kipasnya sedangkan kipasnya klo dilangsungin nyala minta sarannya
mekanik bengkel resmi yamaha kebanyakan bisa nya service ringan ajaa kalau service berat mereka juga masih ngeraba raba…PAYAH
mas bro dan mbak bro saya punya motor jupe, saya mengalami sama seperti artike di atas. apakah kompresi yang gede mengakibatkan kebocoran air radiator masuk ke head? karena tmn ada yang bore up dengan kompresi sedang tapi aman2 aja gan. tolong infonya thanks “)
belum tentu, karena masuknya air radiator gak cuma dari sambungan blok slider dan head slinder, tp bisa dari seal pompanya yang dah aus…aq penah ngalami keduanya…pertama gara” bore up pake piston vixion tp gak ganti ama bloknya, cuma ganti boring, hasilnya gagal total…bloknya pecah + boring nya ambles + air radiatornya habis masuk ke karter mesin, habis itu aku ganti blok slinder punya vixi berikut piston setnya…sekalian cek seal pompa radiatornya ternyata sudah aus…tanda”nya keluar suara berdecit pada saaat mesin hidup dan digas dan harus ganti seal pompa radiatornya…dan alhamdulillah normal kembali…
cara cek air radiator bocor ap enggak mudah kok?
pertama…buka baud pembuangan air radiator di blok slinder, tapi tutup radiator jangan dibuka dulu, klo air gak keluar berarti tidak ada kebocoran alias bagus, karena radiator harus vakum alias rapat.
kedua…buka tutup radiator,isi air radiator jika volumenya berkurang….hidupkan mesin, naikan gas, klo ada gelembung-gelembung didalam radiator bisa dipastikan ada kebocoran…
itu pengalaman ku merawat jupi mx 2006 ku?
Terrific forum posts, Kudos.
Bos numpang. Tanya nih ane. . Kenapa ya . Air radiator’y masuk ke mesin padahal . Sil pompa dah saya ganti. . Perpak juga. Dah saya ganti. . Tpi ttap aja msh masuk ke mesin. .
Mohon penjelasanya
mas brow,ne we bingung n tlongin ksih masukan bwt we.kmren we bngkar mx,truz stelah w psang smua, air rdiatornya truz nembak dr slang tbung pmbuangan y d bwah itu.?.tanks
Slm knl bro.. Sya tertarik pas bca tulisan bro Vhanz ttg mslah air radiator.. Kbetulan motor sya jupiter mx 2009 kopling.. Sya igin tnya ap bnar klo air radiator yg diisi lebih baik tdk terlalu penuh malah klo perlu dicampur dengan air biasa?? info ini sya dpt stelah ngobrol2 dgn mekanik bengkel rmh (bkn mekanik bengkel resmi)
Mhon pencerahan dri anda2
Oia sya mw tw ap bro Vhanz bka bengkel?? Klo ad sya ingin sharing2 mslah radiator di mtor sya..
Maaf masbro
Mau nanya, kemaren vixi masuk bengkel sekalian service dan bersih2 radiator, maklum vixi 2009 udh uzurr..
Pas udh selesai 4hr kemudian kok tiba2 air radiator habis, indikator radiator menyala tanda over heat.
Trus saya cek sendiri ternyata air radiator habis blass, trus saya coba isi sendiri sambil saya cek dimana bocor2nya. Ternyata ada rembesan air di tutup thermostat dan ternyata lg dimesin sebelah kanan ada selang dari waterpump dibuntuin ama mekaniknya sehingga terjadi rembesan air disitu. Trus selang yg menuju radiator ditutup pke baut panjang.
Trus saya baliki lg selangnya menuju ke waterpumpnya.
Kira2 apa yg dilakuin mekanik itu bener apa ngga?? Mohon pencerahannya broo..
telat g baca nih artikel.. MX gue mesinnya uda ga enak banget gara2 kemasukan air radiator ga ketawan.. ketawannya ya pas suaranya uda parah.. beres yamaha payahhh..
Bro sya mau nanya ne. Selain seal waTer pump sama baling2 ada part lain g yg bisa bikin bubur sumsum?
wah untung tunggangan ane aman,, ati ati gan sama gasketnya,, masang nggak beres bs fatal
Bang,, NI vixi ane bedah msih karena bubut baut waktu masah fairing baut patah di daelm. trus ni juga ada lem FOX nya yg kuning itu. Gimana Bang Ane kawatir banget ?
Bantuanya bang. please…
motor tvs aku air radiator masuk ke ruang pembakaran gmn betulin gan
maaf mau tanya
klo vixion saya knpa ya kok skrg klo dipanasin bgak keluar air dari knalpot
padahal dlu keluar terus kalau dipanasin
kira2 perlu ditindak lanjuti nggak gan??
I was extremely pleased to uncover this website.
I want to to thank you for ones time for this wonderful read!!
I definitely enjoyed every little bit of it and I have you book marked to check
out new stuff on your site.
Kaka di mna ltak pmpa oli jupiter mx
Kaka pa pnybab ny oli cmpur ma air radiator ny
Jdi pa yg prlu di ganti mas bro
vixion ane ngalami hal serupa,mksh ilmunya…
kalo mx saya pas lari di beset keluar asap putih kenapa ya om
This is a good tip especially to those fresh to the blogosphere.
Simple but very accurate info… Many thanks for sharing this
one. A must read article!
apakah s.motor satria f juga menggunakan air radiator????dimana letaknya??
Mekanik beres emang bangsat,, motor sy juga rusak gara2 kelebihan isi air radiator
Seharusnya pemilik motor maupun bengkel sudah curiga saat air radiator sangat cepat habis karena pasti terjadi kebocoran. Air campur oli terus diputar wah sudah pasti jadi lumpur lapindo dah
dimana
keren (y)
bos,knpa y mx qu bru ganti blok.tp suara ny jdi ksar serta apakah d dlm tutup msin sbelah kiri tepat ny d bgian spull ny apakah ada olie apa gk ada ………
mhon arahan ny ……
untung aku beli CB150R…. :p
Kalo mesin saya panas bunyi ngik-ngik di waterpum knapa ya om..
tapi ane dah saya coba ganti sell waterpam dan klaker nya ,,, kenapa sering bocor lagi yaa ,,, ?<<
Thanks atas infonya. Jadi harus lebih sering di check tuh daleman mesin…..
Mekanik yang baik selalu memperhatikan dan selalu teliti terhadap mesin terutama hal_hal yg sepele 🙂
Gan mau nanya nih..knapa ya gan sill mahnit mtor grand aq masih aja bocor..pdahal udh aq gnti baru gan..minta penjelasanya gan.Trim
Bang ..saya punya motor mx ……kalo radiatornya saya beri air kok gk hidup …
Tp kalo gk d kasih air / radiatornya kering .baru mau nyala motor
minta ilmunya bang ya, kalo vixion sering keluar air dari kenalpot penyebabnya apa bang thanks
a
السلام عليكم…
banyak banget komen nya, capek bacanya gak abis2 , saya dari jambi mas, mau konsultasi jg dikit, saya pake NJMX kemaren2 banyak banget masalh di NJMX saya di antara nya, shok nya bunyi2, dll semua masalh nya alhamdulillah dh kelar mas, tgl 1 lg mas yg blm mas, keluar oli dari atas dekat dinamo stater nya, kemaren dah di ganti sam mekanik nya, oring dinamo stater kalau gak salah, tapi masih jg keluar, kira2 apa masalh nya tu mas, makasih sebelum nya mas…,,,
memang mas, hati saya di beres memang agak kurang yakin mas,agak ragu2,…
tolong mas y, di jwab pertanyaan saya td…
aku menghabiskan 2jt lebih gara2 blok piston vixion dllnya jebol
sorry om numpang tanya , sya pnya mx ’06 bearing water pomp sil water pomp udh gnti v saat oli di turunin qo kaya lumpur . jdi ngga tenang bawaanya , tkut knpa” mtornya . tq niih sblumnya …
itu bocor kompresi gan….bawa ke bengkel yg mekaniknya terpercaya, ganti packing headnya, coba cek bocor komoresinya dengan membuka tutup radiator trus,idupi mesin gas agak gedean, liat ada gelembung, trus volumenya naik turun and biasanya muncul d situ biasanya disertai oli. ati2 gan..jgan di pake jauh2 dan di geber motor tu kalo belom bener,bisa over heat…rusak semua isi part dalemannya.
eeuuu…malah jadi bubur gitu, ngeri banget
masih bisa dipake itu motornya bro?
Om punya saya air radiator nya berkurang terus tp tidak ada yg bocor.
Mungkin apa tutup radiator nya yg bermasalah.
Bahkan sampai tumpah tumpah lewat selang pembuangan yg di resevoir
Bos saya mau Tanya saya punya si hitam Jupiter mx th 2010 .setelah umur 5. Tahun si kipas radiator ga muter terus koplingnya ga fungsi jadi si adik hitAmpun ngga bisa jalan saya cuma bisa nyala saja
Ikut share ni… saya punya mega pro ( beli bekas ), +/- 6 bln sudah mengabiskan +/- 1.500.000, untuk biaya perbaikan, terakhir yg paling patal mega pro kesayangan saya harus nginap di bengkel karena harus turun mesi , kejadiannya berawal dari suara mesin yg berubah, lalu saya bawa ke bengkel sekalian ganti oli, sekembali dari perjalanan +/- 200 km, suara mesi. Benar2 rusak, saya bawa kembalj kebengkel langganan saya lalu di cek, ternyata oli tidak naik ke mesin saat mesin on… saya awam tentang mesin… pertanyaan saya apa yg sesungguhnya terjadi dengan mega pro saya? Yg berkenan memberi penjelasan secara teknis bisa send ke email saya.. imadesarwita@ymail.com. terimakasih untuk penjelasannya
Motor sy NVL , sperti kasus ini oli kecampur air radiator, pdhl sealpump,bearing,kipas dan se packing2 nya dah sy ganti smua itu, dan knp kok rembes lagi rembes lagi tuh air radiator ke ruang oli, sy ganti sampe 3x itu tetep aja rembes lagi, terakhir kmaren sy bongkar tuh head sm block cylinder nya, pembakaran normal smua, dan sy ganti packing head atas dan bawah, dan sampe saat ini alhasil msih rembes aja nyampur ke oli
Kira2 apanya yah penyakit dr motor sy, dah pusing saya ngurusinya
Thanks sblumnya yg mau respon
itu masang paking head yg ga bener gan…jdi motor bocor kompresi…tarikan lemot..udara kompresi masuk lewat celah gasket head yg ga bener tadi…dan buat tekanan di dalam radiator naik…dan alhasil jebol masuk ke mesin lah,muncrat keluar,penampungan radiator luber lah,dari baut pembuangan yg di bawah blok rembes…pokoknya rembes keluar la…coba hati2 dalam pemasangan head gasket pada khususnya yg make radiator….ane dah bolak balik ne pasang gasket yg bener emang susah, mesti teliti. cara tes bocor ga kompresi ke radiator…
buka tutup radiator,isi ampe penuh,trus idupin, tarik gasnya gedeandikit, kalo terlihatada gelembung yg nyembul atau beserta oli..dapat di pastikan motor it bocor kompresi. bahaya tu gan…mesti d tangani segera..ga boleh di tunda2
This post will assist the internet viewers for setting up new weblog or even a blog from start to end.
bro, OVI’08 saya saat ini kondisinya bubur ijo juga gan, td malam coba bongkar waterpumpnya, beneran silnya udah meleleh, skarng saya bingung gimana bersihin bekas bubur dalam mesin. apa harus turun mesin apa gimana, mohon sarannya gan. Regards.
saya baru pulang dari bengkel yamaha ni om,
di indikasikan bahwa seal pump radiator bocor jadi harus ganti 1 set penuh,
#maaf ya ane awam soal mesin,
estimasi harga dari dia sekitar 500rban,
mohon iinfo,sebeernya klo beli diluaran gt berapa duit ya kira kira dan enakan diurus di bengkel resmi yamaha ato diluaran,dan klo diluaran dimana ya kira kira?
domisili ane di jakarta timur bro
mhon dengan sangat info dan kabar baiknya
terima kasih
nva ane rembes di baut blok silinder kaya gambar diatas, tapi belum sampe parah,,
solusinya gimana,,? apa saja yg perlu diganti,,? berapaan kira2 habisnya,,?
terumakasih, maaf nwebie
itu bocor kompresi gan….bawa ke bengkel yg mekaniknya terpercaya, ganti packing headnya, coba cek bocor komoresinya dengan membuka tutup radiator trus,idupi mesin gas agak gedean, liat ada gelembung ga yg muncul d situ biasanya disertai oli. ati2 gan..jgan di pake jauh2 dan di geber motor tu kalo belom bener,bisa over heat…rusak semua isi part dalemannya.
gan mau nanya kalau olinya masih bercampur air terus kalau mesinnya sudah dingin ga bisa di start kya lengket gitu tambah lg keluar asap….padaha alatnyw baru sema..itu gimana ya….??
oh itu toh biang keroknya, pantesan aja
http://otodrift.com/15-modifikasi-honda-jazz-gd3-i-dsi-vtec-terbaru/
ķ
Mtor ane new jupiter mx udh 5 tahun mtor saya pkai endk pernah kejadian kyak gituan lu jrang ganti air rdiator nya kali minimal air radiator thu di ganti 2 tahun 1 thun sekali biar pun yg lama msih ada hrus di kuras jngn di tmbah biar air nya msih seger dan optimal
Om masih aktifkan webnya?
Trima kasih atas kopir msi dan pembritahuan tentang keluh han jupiter mk dn piksen krena sya pencinta yamaha jupiter mk…agar sya selalu merwat motor sya
slamat siang om. numpang pencerahan dong. mtor ane vixi new. masalahnya mtor ane keluar asap. pas di panasin dan di gas juga . tapi busi kering dan udah ganti ring sehernya dan udah servis ke klep nya. tpi pas block atas ada rembesan apa ngaruh ga om ke asap itu?
Mav bro..kalo seumpama terpaksa beberapa hari gapake radiator trz jalanya pelan gmana?
Efek blom kuat ganti seal dkk nunggu gajian hehe
manntaap
thanks untuk artikelnya
bos..kalau biaya supaya mesin normal kembali gimana ya ? keluhan nya oli nya itu bercampur sama air radiator wujudnya kayak susu warna putih ..itu krn sil water pump nya bocor krn sering kekeringan air radiator..kira2 kalau di bengkel dealer resmi habisin biaya sekitar berapa ya ? dan apakah bila di gunakan dulu selama 1 bulan apa mengakibatkan turun mesin ? mohon saran nya bos..soal nya saya ga punya biaya sebanyak itu
atau kalau cuma di ganti sil water pump ny doang apakah sudah bisa normal kembali dan aman? di tunggu ya bos komentar nya..lagi bokek soalnya..maana air radiatornya cpt abis lagi.sekalian habis biaya brp ? mkasih bos..hehhehee