–== MX vs Ninja 250R ==–
Salam Sejahtera semuanya….
Singkat kata….. beberapa bulan yang lalu kebetulan ada waktu senggang…. ya udah jadinya Iseng2 nge-Dyno 2 motor punya customer VJ RacingSpeed yang MX nya sudah di “bedah” oleh kami…
Pertanyaannya => Apakah bisa MX ngelewatin Ninja 250R…? or minimal MX disejajarin larinya ma Ninja 250R…?
Yuuuuqqq….. mareh kita simak by data dynotestnya…..
PS :
– Click each image to ENLARGE.
– Kedua jenis motor ini penggunaannya DAILY USED not for RACE/DRAG ONLY.
1. Jupiter MX Max.Power 22.411 dk & didapat pada RPM 8.557, Max.Torque 18.63 Nm & didapat pada RPM 7.702.
2. Ninja 250R Max.Power 37.012 dk & didapat pada RPM 11.444, Max.Torque 24.02 Nm & didapat pada RPM 9.121.
Nah…. Bagaimanakah “Power To Weight Ratio” dari kedua jenis motor tersebut….?
Berikut dilampirkan data-datanya =
– Jupiter MX Standardnya memiliki power 11.33 dk/HP serta Berat total 104 kg.
– Ninja 250R Standartnya memiliki power 31.4 dk/HP serta Berat Total 169 kg.
Mari kita hitung “Power To Weight Rationya” berdasarkan data-data dynotest di atas….
“Power = HP/Kg”
– Jupiter MX = 22.411 / 104 = 0.215 HP per kg
– Ninja 250R = 37.012 / 169 = 0.219 HP per kg
Jadi penilaian yang saya dapat berdasarkan data-data tersebut diatas… untuk jupiter MX bisa kok larinya sejajar dengan Ninja 250R… tinggal mengurangi bobot berat total sedikiiiiiitttt lagiiii….. pasti si Jupiter MX bisa dapat minimal 0.220 HP per Kg and selanjutnya apakah bisa “meninggalkan” Ninja 250R dengan bobot rider yang sama…?
Silahkan dinilai & dicoba sendiri…hehehehe…. Piss & Wassallam.
Wahh , tapi kan emang pada dasarnya setiap motor drag setelannya udah racing.. dan apakah mx setelan racing nyaman dipakai harian… ???
@Bro gugun = Khan di awal penjelasan sudah di tulis “Kedua jenis motor ini penggunaannya Daily Used” bro….. Meskipun tampak “luar” MX tsb terlihat Standard tetapi MX tsb dipakai harian ke kantor melewati kemacetan di jakarta kok bro….Aman & Nyaman…. mesin tidak overheat karena panas di kemacetan jalanan & panas matahari, serta mesin tidak bergetar layaknya motor settingan Race/Drag. π
wah bro..
klo untuk akselerasi mungkin saa. tp untuk jarak jauh gak mungkin kan bro bisa ngalahin ninja 250?
btw.. klo bedah NSR pernah ga?
@Bro devil = Untuk jarak jauh maksudnya topspeed yah bro…? sebenarnya sih ga mungkin yah MX bisa menyamakan topspeed si Ninja 250R…. but dengan mengganti kembali komposisi gearbox ratio pada Jupiter MX serta penyesuaian settingan celah klep, Camshaft serta per klep…Insya ALLAH “minimal” topspeed 160 Km/h masih bisa di raih oleh jupiter MX broooo…. dan tentunya masih “Daily Used”. π
Ohya untuk NSR 2-Stroke mohon maaf bro saya belum pernah, hanya rekan saya yang membidanginya bro.
hmm intinya dalam kota mx bisa nyaingin ninin yah .. top speed ninin setau gw 170 an ..
@Bro messi = Yup benar sekali bro…. Ohya Khabarnya di daerah banyak juga tuh bro MX yang topspeed nya tembus 170Km/h tentunya masih Daily Used….khabar-khabarinya lhoooo…. Ohya Ninja 250R topspeednya memang 170 Km/h (CMIIW) itupun dibaca di speedonya… diatas mesin dynotest topspeednya 163.8km/h dah kena limiter bro.
Gak kaget coz mx temen gw bisa 160 kmpj bahkan lebih krn trek dah habis. Ngeri jg ngeliatnya apalagi suruh naiki mending nggak deh
@Bro Sembalap = Mantaaabbbbbbbb brrooooo….. yang penting Keep Safety Riding ya brooo…. inget2 ma yayank/bini/anak dirumah klo lagi ngebut-ngebut π
bro sembalap.. kayak kenal yah …
btw ninja 250 ada limiter ..?? ..
nggak kali bro …
kulo tiang solo mas
Bro Aim = iya bos…. ninja 250R ada limiternya….
@Bro Sembalap = Wedeeeeeehhhhhhh… MX-MX disolo kencenk2 tuh…. infonya ada yang lbh dari 170kpj lhoooo…
bro.
punya referensi bengkel buat NSR ga? kasihan nih motor tua udah mulai sakit2an.. mau dimudain lagi..
Insya ALLAH saya akan kabari bro….
Jules – Such cute and precious phtoos! What a neat idea to photograph her with your wedding outfits! I’m so happy to see such adorable pics of your lil’ KloveJules and Bill
Apakah benar bro mx bisa di bore up sampai 300cc??
300cc itu buat FULL DRAG broooo…. serem ah cc gede-gede….
@devil nsr rider. motornya bawa aja ke arjaya motor semarang dijamin performa jadi joss/juara. kalo kecewa semua biaya transportasi,akomodasi aku ganti plus aku traktir makan2 sekalian oleh2 khas semarang. adhi [024]70722201 hp.081575044027 @@ buat mx rider saranku boring pake vision trus tambahin cdi limiter tinggi contoh jupiter 1st kalo ada dana lagi pasangin turbo cyclone di input karburator dijamin larinya kenceng awet lagi.
Thanx infonya bro…. ohya kebanyakan disini pakai cdi aftermarket brooo & bore-up minimal 165cc π
@devil = bro cek EMAIL yaaaaaa…. π
Apah? gila ya? dua2nya gw punya.. Tarikan aja mx kalah jauh. boro2 mau nyamain.. mx udah ngocor aja bensinnya sambil terkentut2 masih gak kuat.. lawan satria aja ngempos2..
Mw lawan 250? gila kali.
Tapi mx memang motor kebut. gw akuin..
Kalo lawan bebek yang jd saingan t cuma karisma tok. atau supra. udah, yang laen lewan semua kecuali yang bebek 2 tak.
slm knl muanya…
untk ngalahin ninja250,sy lom yakin y,,,pnya sy mx tp standart cm prnh sy bw di trek lurus dengan sdkt merunduk top speed smp 140kpj,wah buat sy da luar biasa,tp pas lht di post in ad yg nyamp 160kpj it gmn crnya?sy mo bore up mx qu 160 cc,tp tkt jebol.mhn pencerahan n arahan nya ya mas,,buat pulang kampung ni lebaran mendatang.plese…
n satu lagi,,,pcnta fu g usah sok bangga,,,,dtang aj ke medan lokasi ringroot,,,mari kt adu…
Salam kenal kembali brooo…
Sebenernya sih saya juga tidak yakin bro… tapi coba deh hitung2 POWER to Weight Ratio nya apabila MX bro sudah di modif enginenya serta gearbox ratio nya…. masih yakin? hmmmmm…. tinggal lihat hasil Power to weight rationya saja and bobot jokinya… jadi kabarnya “size doesnt matter” bro kalau menilik dari “power to weight ratio”…. tapi saya juga masih lom yakin tuh bro kalau mx nye std ting-ting yeee heeeeeee…. Ohya rata2 MX yang memakai boreup kit 165cc (piston 60mm) setelah running/inreyen sesuai petunjuk saya awet semua blok & pistonnya bro… Nah klo mau sampai 160kpj (speedo ori MX) selain sudah meningkatkan kemampuan mesin si MX ganti deh komposisi gearbox ratio nya bro…. Wah di medan yah bro….? salam buat rekan2 MX di medan yah bro… π
Kalo ninja 250r nya di swap engine pake mesin er-6 gak yakin deh mx mau dibore up sampe 300 cc bisa menang…
Yup bro benar… MX tidak ada apa2nya brooo…. btw klo di engine swap (daily used) yah semua merk motorpun pasti ngibrit bro… tp MX mo di engine swap pake mesin apa yah supaya tidak rubah2 chasisnya lagi… entahlah bro… confused saya jadinya…. belum ada juga sih yang coba engine swap si mx dgn mesin yzf series yg minimal 250cc… susah ngepasin di rangka mungil nan enteng std mx brooo… xixixii…. piss ah bro π
tmbh sru aja nich btw bsa gk bro mx jdi 6speed..’
aku cuman mau tanya aku punya dan mati 1 juta 3 ratus ribu , trus aku mau di buat setelan DRAG……
tadinya aku mau beli :
1. karbu PE 28
2.CDI brt dual band
3. knalpot hand made
apakah itu cukup untuk mendongkrak tenaga j.MX saya, dan jika barang tersebut sudah di pasang apakah klep pun harus di stel lg ?
Untuk settingan DRAG list2 yang bro tulis diatas masih belum cukup bro…. Namun apabila untuk harian yah itu masih mumpuni…… coba tambahkan 4 item lagi untuk settingan hariannya =
4. Racing Camshaft dengan LSA rendah.
5. Reamer Intake manifold.
6. Porting & Polish inlet & exhaust head silinder.
7. Naikkan kompresi ruang bakar.
Mudah2-an HASRAT si bro tersalurkan…amiinnnnnnn…..
Wow pingin punya mx kenceng. Klo pake ganti rasio gigi rapa yg perlu d ganti apa semua harus ganti?
rombak total saja perbandingan ratione bro…
brow q mo tanya kampas koplinx yanx bsa buat jm q yanx baek buat balap kampas apa n cdi hrus diganti apa…??by sus jpr
Bro , apa aja yg di butuhin buat MX full drag & berapa harga totalnya ?
Aku wktu itu prnah sampe 160 km/jam,,,,cma maen knalpot n settingan duand,,,
mx emang manteb,,,gigi 1 limitnya sanpe 40 km /jm,,ku pake yang bkn kopling
apalagi skarang ad mx yang giginya 5,,,mantab dah cuy,,,
ap bs mx yg lm gi2x ampe 6 kn gi2 omas kalie hehe ap yg hrus dgnt and brp duit wa bru pake mx
f**k mx gw bantaiiii tuhh motor bebek ngehe, mau setting oprek kaya apa ga bakalan pernah bisa samain ninja-laaahh woong komponen mesin dalam n kualitas inject materialnya udah beda jauuhhh di block utama mesin yang menghasilkan daya kompresinya tinggi,, berani tes motor sebenarnya jarak paling pendek 2 km, soalnya trak diluar negeri tuhh ga ada yang maen dibawah 1km nyeett,, goblok apa semua yaa? kalo dicalifornia mampuuss tuhh mx dibantai abis ampe ilang, ninja udah sampe ohio lahh mx masih aja bertengger disitu, belom bensin-nya, udah pasti mx abis duluanlahh, dari harga aja jauhh… inget brooo, what u spend that ur got, so, pilih ninja yang terbaik diindonesia saat ini, kalo udah keluar ninja zx6R pilihlah ZX6R loo rasain bedanya dehh…. mati aje luo kalo pake mx dicalifornia, dimampusin…
calm brooo…. tenang… ga usah esmoseh & berkobar2 semangat 45 begitchu….
btw 2km…? kek mo turing doooonk xixixiixii….
iyaaaa ninja 250r is de best deh apelagi kalo si juragan yg nunggangin… wuiiiihhhh mangstabs jadinye….
Peace π
klo lawn nin250 mx bore up 300cc blm bs ngalahin tp stidaknya hsl test gk trll ngecewain,tp udh bkn puas mngingat mx cm bore up-an.
Edan po pye..? Kawax zx6r kan 600cc..yo jls kalah mx cm bore up 300. Loe ngebanggain zx6r seolah2 udh mentok gk da yg nandingin. Klo mo kompare ya sm yzf-r6 sm2 600cc. Zx6r mah buat ltihan rider yg mo serius blapan dikelas 600cc coz krakter power ma akslrasi smooth,lawan yzf-r6 yo kecirit-cirit kowe lha wong Yzf-r6 is absolutely race. Loe ngledek jupi mx,yg kgak trima yo grand masternya mx (yzf-r6). Dasar blagu loe.
so, kalo komentar ngebela mx itulah org yg belom pernah ngerasain sensasi motor kelas internasional, n yg jelas mao ngjatohin nama ninja 250R, buat apa kita beli mahal-mahal kalo ga dapet nilai durability yang paling baik, bukan-nya sombong or kenapa, tapi kalo ngebandingin tuhh motor dua mending jangan speed or apalah, bandingin harga pasaran yang baik diindonesia dan cocoknya medan dikondisi jalan diindonesia, seperti didaerah mana anda cocok pakai motor??kalo di luar kota yang otomatis jarak jauh jelas pakai ninja 250R, nah kalo cuma pergi kekantor n irit2an n ga perlu gaya ya mx bolehlah, mx emang diciptakan untuk pasar indonesia yang ramai akan ”DUCK BIKE ” praktis, buat naro jas ujan dan sebagainya…punya bagasi dan enteng punya, mau budget n apalah…jujur adek gw, gw beliin mx cuma buat pergi kesekolah aje, coz kalo ada apa2 kerusakan mahal kan anak masih sekolah ga mungkin doonx ngganti dijalan dengan sparepart yang tinggi cost-nya seperti ninja 250r WEEEEEE….
“duck bike” maksudnya moped ya? ??? trus motor kelas international maksudnya global market ya π pisss
klo boleh tau….spek MX -nya udah diubah apa aja tuh??
klo bener tes 160 kpj itu di jalanan atw d atas mesin dyno??
trmksh….
loe ngomong seollahh olahh loe yg pnya pabrikk kawasaki ajja.!
law loe bissa bikkin mottor sndirii barru orrang2 bakkallan muji-muji loe
tapi law ke agullan garra2 mottor bikkin orang ittu sallahh brooww
mkkan’y jngan pernahh jelekk2kin karya orang lain hargain bwatan orang laind
law mnurutt gw mx kerren ninjja jugga kerren.
g ada yg jelekk 2 2 nya jugga.
maff law adda salahh2
Ya…. 2 segment kelas yg berbeda dari 2 pabrikan yang berbeda dan tentunya beda semua xixixiixi
Payah loe
gw sampe penasaran nih, , ,
gmna hasil nya
hmm, mxnya gila,,,22 hp
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/12/jalan-jalan-ke-dab-hobbiesshop-jogja/
ass.
Aq punya mtor j.mx. Mtor saya sudh dibuat bore up. Reng seher ny udh mkai 64. Udh mkai cam bubut. Udh mkai cdi brt bintang. Udh mkai PE. Tpi lari nya cuma 185 cc. Bagaimana cra ny mtor q bisa lari setara dgn ninja 250 RR?? Ap yg hruz diganti? Dan tlg beri aq solusi nya.
Saluut deh sama bro yg oprek2 motor, artinya sudah mengerti kalau mau bikin kenceng spedanya. Mudah-mudahan bisa mengupas habis tentang masalah rem pada kendaraan sepeda motor. Orang awam juga perlu tahu cara cara pengereman yang baik, dan perlu informasi spare parts apa yang cukup aman sebagai pengganti suku cadang asli jika didaerahnya tidak ada yg menjual. Ini realita, karena seringnya terjadi kecelakan gara-gara remnya blong padahal semua remnya sudah pake cakram. belum lama owe nabrak mobil dari jarak 10m krn pengeremannya tidak sedahsyat kekencangannya yang 60kpj. peace….
perasaan kawasaki biar kenceng gak pernah ikut MOTOGP..buktikan kalo mesin kawasaki lebih OK dari Y or H
klw dalam sistim drag tidak melihat kecepatannya sampai berapa.. tp bagaimna caranya melakukan star yang bagus untuk menang.. dalam istilah drag kecepatan adalah nomor dua. jika gear ratio motor 5,6 atau 4 maka yang tercepat adalah gear ratio 4 untuk drag.
Reblogged this on VJ RacingSpeed.
Appreciating the persistence you put into your blog and in depth information you present.
It’s awesome to come across a blog every once in a while that isn’t the
same unwanted rehashed information. Excellent read! I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds
to my Google account.
@robbgermany . lo tuh ngga tau mesin ngga usah banyak banyak omong .. Gw bikin sendiri mx bore up 200 cc aja. Ninja er6n tewas.. Spek 69. Klep 22 / 19 noken as brt . cdi brt. Karbu 30mm . itu motor gw pakr buat harian only. Low kompresi.. Kalo gatau mesin diem ajalah..