VIXION with YZF-R125 ECU & 6-SPEED GEARBOX Part II
Salam sejahtera brothers…….
Menyambung bahasan artikel PART I pada bulan lalu… maka kali ini saya akan melanjutkan PART II nya…. FASTEN YOUR SEATBELT Pliiiiiisssssss….wkwkkwkwwkk….
Setelah sebelumnya muncul pada tabloid MOTORPLUS untuk mengisi halaman ke 7 nya pada rubrik modifikasi edisi 581 14-20 April 2010………
Saya merasa ada yang terlewat ulasannya pada media cetak tersebut… maka dari itu disini saya akan melengkapi ulasannya lebih detail disertai hasil dynotest & video nya…… Yuk Mari kita simak ramai-ramai…….
Ohya setelah semua part2 YZF-R125 yang kami import sendiri dari EUROPE terpasang maka khusus untuk pemasangan ECU YZF-R125 yang memiliki 26 pin ada perlakuan khusus/modif sedikit pada soket ecu/”Terminal Coupler Unit” ecu original vixion yang hanya memiliki 18 kabel/pin…….
Sebelumnya Kabel body set original vixion yang mengarah ke soket ECU (ada 18 kabel) pada “Terminal Coupler Unit” original vixion (18 pin) sedikit diakali…caranya tentu tidak dengan memotong putus kabelnya tetapi membuka soket/”Terminal Coupler Unit” original vixion (18 pin) secara perlahan-lahan namun pasti dan dilakukan dengan sedikit kesabaran yang dibutuhkan agar bisa terbelah secara sempurna & tidak rusak sekalipun sehingga akan tampak seperti gambar berikut…..
Selesai dengan “penelanjangan” kabel soket ecu/terminal coupler unit ecu original vixion yang memiliki 18 kabel/pin maka tahap selanjutnya membuka Wiring Diagram pada “SERVICE MANUAL YZF-R125 & V-IXION”…. setelah mencermati jalur2 kabel ecu nya yang berwarna-warni dan di silang2 alias di tuker2 posisinya lalu ke 18 pin tersebut (gambar diatas) ditancapkan ke ECU YZF-R125 dengan tetap menganut Wiring Diagram pada “SERVICE MANUAL YZF-R125 & V-IXION” dan akhirnya saya juga berhasil membuat semacam “Wiring Diagram” terminal coupler unit/soket ecu vixion yang dipasangi ecu YZF-R125 tentunya ada penambahan beberapa kabel dari ECU YZF-R125 diantaranya mengarah ke “HEADLAMP”, “SPEED SENSOR” (krn vixion target yg berjulukan VX-R165 telah memasang speedo KOSO RX2N) dll…… hehehehhe (selebihnya rahasia euy)…
Dirasa kurang dengan kapasitas mesin yang hanya 150cc akhirnya kami menancapkan blockset 165cc (NON-BRANDED), untuk kompresi ruang bakar dibikin masih dibawah angka 1 : 10.9 (Tidak ada acara papas2-an blok, head & magnet dll soalnya DAILY USED TARGET dengan Ketahanan mesin lebih AWET hehehehe)……. dan untuk menaikkan power (dk/HP) maka kami melakukan penggantian camshaft ori vixion dengan RACING CAMSHAFT MAXTREME (Merk saya sendiri hehehhe) dan saya lakukan porting inlet & exhaust pada head sesuai kapasitas mesin & camshaft…… terus untuk mengimbanginya maka saya pakaikan RACING AIR FILTER merk PROTEC yang lebih transparan sedikit kawat/kassa saringannya ketimbang produk sejenis yg banyak beredar di lapangan…… Ohya untuk sektor gas buang saya tetap mempercayakan pipa knalpot original V-IXION yang hanya dibuang silencernya saja (soalnya pengaplikasian ini dirasa tepat karena sesuai dengan “BUKAAN” dari diameter dalam jalur exhaust pada head ke diameter dalam pipa knalpot ori vixion…. untuk silencernya berhubung selera sang empunya motor tinggi (Bro AIM) maka tetap memakai silencer berlabel TWO BROTHERS CARBON produk USA untuk ninja 250R…
Setelah semuanya rampung maka kami melakukan ujicoba motor di atas mesin DYNAMOMETER milik SPORTISI MOTORSPORT merk DYNOJET 250i USA yang terkenal susah ditaklukkan karena KEAKURATANNYA hehehehe….
Sebagai pembanding maka saya sajikan hasil DYNOTEST VIXION full STD terlebih dahulu….
A. DYNOTEST RESULT untuk TEST Vixion FULL STD + knalpot RACINK =
CO 0 = Power 13.83 dk dengan AFR di 12.10 : 1 pada RPM 8.639, Torque 12.03 Nm pada RPM 5.100.
B. DYNOTEST RESULT untuk TEST Vixion FULL STD + knalpot RACINK =
CO +10 = Power 13.85 dk dengan AFR di 12.28 : 1 pada RPM 8.794, Torque 12.19 Nm pada RPM 5.358.
C. DYNOTEST RESULT untuk TEST Vixion FULL STD + knalpot RACINK =
CO +20 = Power 13.88 dk dengan AFR di 12.39 : 1 pada RPM 9.200, Torque 12.16 Nm pada RPM 5.300.
D. DYNOTEST RESULT untuk TEST Vixion FULL STD + knalpot RACINK =
CO +30 = Power 13.97 dk dengan AFR di 12.09 : 1 pada RPM 9.078, Torque 12.70 Nm pada RPM 4.100.
Naaaaahhhhhhhhh… berikut baru deh giliran si VX-R165 yang naik dynotest………..
E. DYNOTEST RESULT untuk TEST VX-R165 =
CO +30 = Power 16.83 dk/HP dengan AFR di 17.24 : 1 pada RPM 9.256, Torque 13.49 Nm pada RPM 5.840
F. TOPSPEED RESULT on DYNO ENGINE for VX-R165 (CO +30) without Fi-MAX =
Dirasa sudah mendapatkan Power 16.83 dk/HP dengan AFR di 17.24 : 1 pada RPM 9.256, Torque 13.49 Nm pada RPM 5.840 dengan settingan CO di sett di angka +30 ada yang perlu brothers2 ketahui bahwa saat uji dynotest berlangsung itu velg/ban belakang si VX-R165 lebar dengan memakai velg original CAGIVA MITO (lebih berat dari velg ori vixion & velg HMF untuk vixion) yg berukuran 4 inchi serta ada lagi yang perlu diketahui bahwa jarak sumbu roda belakang si VX-R165 itu lebih panjang daripada jarak sumbu roda belakang VIXION asli dikarenakan VX-R165 memakai Swing arm original YZF-R125…. serta memakai perbandingan gear sprocket 16/45…
Angka peak Power 16.83 dk/HP dengan AFR di 17.24 : 1 pada RPM 9.256, peak Torque 13.49 Nm pada RPM 5.840 dengan settingan CO di sett di angka +30 saya merasakan masih kurang euyyyy….knapa…? karena grafik power & torque itu ada jeblok sedikit di rpm 7.000 dan grafik AFR (Air Fuel Ratio) sungguh kekeringan alias LEAN maka perlu di basahkan AFR nya menjadi RICH agar endurance mesin lebih tahan lama lagi & grafik POWER (dk/HP) wajib di luruskan agar meningkat POWER nya hehehehe……… Akhirnya ada kesempatan nich untuk uji coba hasil RISET saya (VJ RacingSpeed) pada Mesin injeksi VIXION hehehehe….
Perkenalkan alat yang saya gunakan pada VX-R165 yang saya beri label “Fi-MAX” GAIN MORE FUEL suatu alat/module (bukan PIGGYBACK yaaaaaa….) yang fleksibel memiliki 3 tingkat MAPPING CURVE untuk memanipulasi semua SENSOR2 pada mesin injeksi VIXION agar kecrotan/supply bbm lebih deras muncratnya dari injector dan memiliki switch MODE = ON/OFF dengan harga terjangkau untuk MAHASISWA…… dah ah introducenya kepanjangan… nanti aja di lanjut di artikel baru berjudul Fi-MAX biar seru wkwkwkwkk……… :p
G. DYNOTEST RESULT untuk TEST VX-R165 + Fi-MAX settingan Mapping Curve III =
CO +30 = Power 17.83 dk/HP dengan AFR di 14.29 : 1 pada RPM 9.439, Torque 14.20 Nm pada RPM 6.170
Ada kenaikan power sebesar 1 dk dari sebelumnya 16.83 dk ke 17.83 dk serta kenaikan torque sebesar 0.71 Nm dari 13.49 Nm ke 14.20 Nm serta AFR yang dari sebelumnya KERING/LEAN (17.24 : 1) menjadi BASAH/RICH (Belum RICH bener sih soalnya di angka 14.29 : 1 jadinya IDEAL…. bisa ditingkatkan lagi powernya dengan cara AFR di basahkan/RICH lagi ke angka 12 : 1 or 13 : 1) pada VX-R165 akibat dari pengaplikasian MODULE Fi-MAX hasil riset saya (VJ RacingSpeed)……
H. Sound of VX-R165 engine with Racing Camshaft MAXTREME & Fi-MAX “GAIN MORE FUEL” =
I. ACCELERATION & TOPSPEED RESULT on DYNO ENGINE for VX-R165 (CO +30) with RACING CAMSHAFT MAXTREME & Fi-MAX =
Berikut tampilan baru si VX-R165 saat ini setelah melalui operasi cesar pada mesinnya xixixixii…….
Akhir kata saya ucapkan sekian & terima kasih sebesar2-nya pada Brothers2 yang sudi mampir ke website kami dan menyimak semua artikel2 kami….
WASSALLAM……..
———————————— THE END ————————————
Niicee .. ini yang gw tunggu.. wuih hasil dynonya komplit
Iya oooooommmmmm….. harus komplit dooonkz… namanya juga PART II alias sekuel penghabisan…. wkwkwkwkk….
Uiaahh mantaabb ..nice artikel bro..bermanfaat
Thanx brooo… semoga bikers viximania bisa mengetahui berapa kenaikan power (dk/hp) pada vixion full std + knalpot racink mulai settingan CO di CO 0, CO +10, CO +20 & CO +30…. serta dapat memaksimalkan power vixionnya setelah porting lalu membenahi AFR nya….. intinya sih salah satu HIDDEN POWER mesin injeksi vixion itu ada di AFR nya…. Apakah AFR KERING/LEAN berdampak pada kenaikan POWER/TORQUE…? begitupun sebaliknya apabila AFR BASAH/RICH dampaknya TORQUE/POWER yang naik….? begitchu brooo…. xixixixii….
oot bro; kok namanya VX-R165?
thanx bro……… iya bro… karena “VX” itu artinya VIXION dan “R” itu krn parts2nya totally full YZF-R125 trus angka “165” itu karena sudah MBOR-AP jd 165cc xixixixii….
salut bro… bener lho, apalagi sampeyan [Anda] “berhasil” membongkar mitos YZF-R125 yang konon katanya “baby R6″… haduh, barusan nemu di Kaskus harga R125 saja rp 95.000.000,00 otr. e ternyata parts ada yak yang dari Indonesia?
kirain dulu namanya mau YZF-R175 [150 vixion+125 yzf]. agak bingung juga di postingan sebelumnya kala itu bro Aim membuat postingan; VX-165 vs Cagiva Mito. kirain VX-165 itu spesies baru dari Yamaha
sukses selalu untuk VJ Racing Speed dan Aim Motorsport! jangan lelah untuk berbagi ilmu… 😛
Mudah2-an kami dapat terus share2 ttg mesin broooo…
salam kenal ya mas. . .
manteb bener. . . .
salut ama modipannya. . .
keep brotherhood,
salam,
Salam kenal brooooo…
KEEP BROTHERHOOD 😉
17.8. Dk .. Masihh harian? mantabbb ..
yup bro…. dengan AFR di angka 14.29 : 1 itu jatuhnya AFR IDEAL bro… seperti kutipan grafik AFR dari om SAFT7… aman buat harian, touring dll… masih bisa di tingkatkan lagi powernya broooo….
4tk yang sempurna……….sukses bro aim……………maju trussssssssssssssssssssssss………………………………..
salam kenal…
mantap sekali modipannya…..
wuiiiiiiiiihh …artikel yg mantab!!
bro VJ kapan nih ulasan ko-har buat MX
mangkin sadiiiss aja nih mongtornya bang aim
mesinnya juga mangkin bengiiiissss
keep up the great work bro !!
wah biayanya muahall…..tp pengen….
mantaf motornya… harganya juga mantaf.. xixixix
mantafff tenan motornya 🙂
Manteb bro kreasinya…. kira-kira habis berapa bujetnya???
hmm masalah bujet sih variatif yah bro.. itu tergantung part yang mau dipake.. misalkan cuman maen body aja pake fiber gak bakal nyentuh 10 jt ,jadi part part mahalnya di subtitute dengan lokal punya, yang penting bodynya sama kayak r125 ….. kalau yang biru itu karena part nya ori semua yah harga modifnya melambung
jadi ngiler, mantap tenan
bodyne gendud ya r125 tu,
bang Devan nyasar sini 😀
yang paling penting adalah
FOR DAILY USES…
Gk penting tuh dk yg gede tapi cuma buat pajangan doank ato cuma bwt tes dyno doang…
satu kata…..mantappppppppppppppzzzzzzzzzz…..bro beli part2nya gmana ya………jadi ngilerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr….sanggar nan cantik tu vixi…..
bisa hubungi kami bro untuk pembelian part2 nya di 2wmods@gmail.com 😉
Mantep bener om Vhanz, suaranya itu lho ajib benerrrrr….ngiler nih…kapan MX ane bisa kayak gitu heuheu….
Salam by MX Kuningan (hehe…dah tau ane kan?? yg sering nanya2 di YM)
Eh si om… makasih om dah mampir…. MX si om hmmmmmmmm……. bisa ooooooommmmmmm…. xiiixiixixxixi…
bro berati apa yang mau aku pesen aku kirim email ke alamat itu gt kah….blh tau list harganya gk bro….thanx
Yup… benar bro… silahkan kirim list part2 yang bro butuhkan ke 2wmods@gmail.com nanti saya reply lengkap dengan harga2nya bro… ditunggu emailnya broooo 😉
wah sip bro vhanz..’
bro bnr gk nich ktanya ada info klw limiter ecu v ixion bsa di akalin pihak ymaha..’
tpi trbatas and bwat race v ixion aja..’ bnr gk ya bro..’ and kpan race v ixion di adkan lgi..?
bro aku da kirim..oy tambahan lampu depannya kena berapa ya…kereeeeeen…sry ngerepotin…:)
kok blm ada tanggapan bro…sibuk kah…. ok2 thanx…:)
bro… sms langsung aja ke gw ..081806511184 .. kalau ol atau email emang suka gak kepantau ..apalagi kalau body, kalau performance part si om vhanz sering pantau
bro boleh tau gak harga “Fi-MAX” – nya….??? apa bisa langsung pasang sendiri….bisa ga….??? dan kalo di bawa kebengkel resmi, apa mekaniknya tau SOP itu alat yg canggih…..???? tx ya bro by cynyo_arta@yahoo.com
wah muantab bro……..165 cc n Top speed 153km/h……
berapa habis dana ngerakit motornya?
wah, daripada modif ndiri, lsg beli jadinya ajjah!!!
kira” berapa bro kalo lsg beli jadinya???
hehehehe…..
wkwkwk mahal euy… maybe sekarang skitaran 85jt on the road
gan ane mau nanya,,,
mau beli single sitter tuh vixion dimana ya??
trus harga nya brapa klo ama ongkos kirim ke mdan..
makasih ya gan..
please pm me on : netralmazta@yahoo.com
cek emailnya bro
gan, sy mw tanya soal harga spare part, via email, tolong dicek ya… emailnya neokage23@gmail.com
hmmmm kok gak pke ECUnya YZF R15???
dger2 power mesin YZF R15 standard aja udah 16-17 hp,jd tgal aplikasikan ECU YZF R15 + gedein kapasitas mesin+ganti camshaftnya+bebrapa aplikasi part sesuai d yg td,wah bs2 tembu 18 hp tuh…
apalagi ECU racing dr Daytona,20 hp bukan hal yg mustahil.hehehehe
MAJU TERUS
YZF-R15 16 – 17 hp itu kan di dynotest nya bukan on rear wheel mas bro… tp di crankshaft.
Kalau pada on rear wheel pasti di bawah 14 or 13 hp sama seperti VIXION STD 😉
Data pabrikan rata-rata on Crankshaft semua hasil dynotestnya. CMIIW
Thanx mas bro atas supportnya 😉
hmmmmmm brarti power mesin CBR 150 dg YZF R15 hampir2 sama dunk,maksudnya sama2 d ukur dr crankshaftnya??
result dari pabrikan (yang tercantum di brosur-brosur yang di pegang sales) memang begitu bro…. cmiiw
mau nanya bos, budged buat bikin v-ixion seperti di atas brapa bos. itu dah termasuk ongkos blom………trims sebelumnya
silahkan layang kan quotation ke email kami di ===> 2wmods@gmail.com
waduh bos kenapa aku baru nemu situs sebagus ini ya hihihihi sial(ga dari dulu). iya tuh sama kyk bro diatas, mau nanya rincian biaya untuk modif piksyen di atas termasuk body nya bos (fairing, footstep, swing arm, dll) mantep tenaaan 🙂
thx b4 bos…MAJU TERUSSS VJ RACINGSPEED 🙂
Gan, minat bore-up vixie nih soale limiter vixie ane udh kena jd kalo ngegas suka batuk2 mulu. Bengkel dimana gan? Tks..
salut deh gan buat modifannya.
bikin greget eyyy. .
hohoho. .
gan, buat ngoprek bagian mesin sama bagian kakinya abis berapa gan?
eko_prawiro_radiografe@yahoo.com
gan ane pengen naekin performa vixi ane nih,,,bbody mah nyusul dah,,berapa duit tuh kira2 alat2nya
kirim ke dri_ad87@yahoo.co.id ya
masih 165cc,masih kecil.xivi emang diciptakan untuk cc kecil.ane jg pny xivi.dari desain standartnya memang dibatasi.jadi susah buat rombak tu xivi jadi kenceng.standart cc motor gede buat ane 250cc.jadi ginama tuh solusinya? 😀
sip gan,,lanjutkan
‘wow,,,tampangnya berbanding terbalik dengan vario 125,,ckckckc
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/12/jalan-jalan-ke-dab-hobbiesshop-jogja/
gan total biaya brp gan perkiraan oh y full body kit brp…………biar bisa ancang2 gan hehhe maklum anak kuliahan
kalo cuma modifikasi body aja, (gak ganggu mesin) kira-kira habis berapa ya…????
salam kenal gan, stelah ane baca rubik diatas soal vixi . ane jd minat tertarik gan . pertanyaan ane adl apa cuma ganti ecu yzf 125 udah bs dongkrak pacu vixinya, jd gk ad limiternya & berapa harga ecu yzf 125 gan ??? ninut_zee@yahoo.com
Reblogged this on VJ RacingSpeed.