Apakah New Jupiter MX Memakai Ratio VIXION?
Salam Sejahtera semuanya….
Banyak asumsi yang mengatakan bahwa NEW Jupiter MX 5 speed kopling manual yang akan muncul di jalanan indonesia itu memakai gearbox ratio Vixion or Crankcase Vixion.
Saya sendiri pun tidak berani mengatakannya apakah memang benar atau tidak, entah bagaimana penilaian rekan-rekan semua.
Pertama-tama sebelum saya menilai apakah memang benar memakai ratio set genuine vixion or Crankcase Vixion mari kita simak gambarnya satu-persatu…

Bak Kopling NEW Jupiter MX 5 Speed

Bak Kopling VIXION 5 Speed

Bak Kopling FZ16 a.k.a BYSON 5 Speed
Melihat dari penampakan gambar di atas maka untuk kategori apakah NEW Jupiter MX 5 Speed memakai crankcase Vixion dapat kita singkirkan jauh-jauh dari pikiran kita. Sebab tidak mungkin sekali melihat designnya dari gambar2 diatas baik itu punyanya VIXION maupun FZ16/BYSON.
Naaaah… untuk kategori apakah memakai ratio set nya VIXION benar adanya…?
“Waaahhh kalau benar adanya pasti bisa di cangkokin 6 Speed nya YZF-R15 nich… xixixiixixi… :hammer:”
Kembali ke Topik…. (OOT terus)
Hmmmm…. disini saya belum pasti apakah memang benar atau tidak sebelum saya mengetahui perbandingan ratio tiap-tiap gigi/gear nya, soalnya dari nilai-nilai perbandingan ratio itulah kita-kita dapat mengetahuinya dengan prosentase 50%…. 50% sisanya harus di lakukan ujicoba belah crankcase…. hehehehe…
Kalau Nilai-nilai perbandingan rationya tidak sama dengan ratio set VIXION maka kita dapat beralih ke next target yaitu ratio set nya FZ16/BYSON… Hmmmmmm…. berapakah nilai-nilai perbandingan ratio set tiap-tiap gigi/gear nya FZ16/BYSON…?
______________________________________________________________________________
Spec Gearbox Ratio FZ16/BYSON berdasarkan Service Manualnya (CMIIW) =
Primary Reduction = 75/22 (3.409)
Secondary Reduction = 40/14 (2.857)
1st = 38/14 (2.714)
2nd = 34/19 (1.789)
3rd = 29/22 (1.318)
4th = 23/22 (1.045)
5th = 21/24 (0.875)
Sumber = KASKUS
______________________________________________________________________________
Perlu di ketahui bahwasanya design crankcase MX lama yang masih menganut sistem 4 speed apabila ingin mengaplikasikan gear ratio set 5 speed nya vixion itu bisa terpasang (tentunya dengan modifikasi sana sini bagian crankcasenya) tetapi “Main Axle” dari ori nya ratio VIXION itu akan lebih panjang dan keluar jauh dari crankcase MX design lama yang pada akhirnya posisi gear belakang harus disesuaikan kembali dengan main axle (tempat nempelnya gear depan) yg “keluar” lebih jauh dari standartnya.
Pertanyaannya….
1. Apakah NEW Jupiter MX memakai design crankcase baru…?
2. Apakah NEW Jupiter MX memakai gearbox set ratio genuine VIXION…?
3. Apakah NEW Jupiter MX memakai gearbox set ratio genuine FZ16 / BYSON…?
4. Apakah NEW Jupiter MX memakai gearbox set ratio COMMON PARTS merk YAMAHA lainnya…?
Silahkan Rekan-rekan semuanya menilai dan berasumsi… hehehehe….
PISS & WASSALLAM…
____________________________________________________________________________
SIlahkan di lihat kelanjutannya di ===>
APAKAH NEW JUPITER MX 5 SPEED BISA MENJADI 6 SPEED…? -PART I-
Absen dari barak
Menjawab pertanyaan dngn pertanyaan, malah makin mumet 😦
wow dari 5 speed k 6 speed kayaknya mantap tuh
mx 5 speed. mantaf lah ada perbaikan.
@all = maaf ada tambhan… Tempat nempelnya gear depan itu driven/wheel axle… Maaf dan nanti akan di edit. Piss
Kalau memang begitu ceritanya, the next vixion keknya bakal naik kelas jadi 6speed nih (kan aneh aja kalo antara sport dan bebek punya kesamaan yang nyaris 11-12)
Mungkinkah sang fz150 akan menjelma jadi R15 murni? Atau malah R125?
Waduh, gak kuku deh…
wah mantab dong, bisa tergoda nih untuk beli MX
klau, byson pake head & blok na vixi bisa ga ?
pengen … byson tapi kok masih 2 valve doang… huuu…huu
hmm menurut saya bebek 135cc kurang cocok dikasi 5 transmisi..
kalo model buat laki baru boleh lah..
hmmm, akhirnya di bahas juga,hehehe
wah klo pke ratio gear nya vixi gue rasa g mungkin deh.kemungkinan besar pke common part merk yamaha yang lain itu.MX kan jauh banget sama vixi harganya..hmmmmm.ini lah yamaha emang semakin di depan.
Bro, selain karbu kira kira apa ya yg dioprek sehingga powernya naek pada mx baru?
pengapian nya
kalau ratio gearnya sama dengan vixion, langsung deh ganti punya r15
ikut menunggu kabar terbaru..
mmana ajha saya taw…
km pasti taw tp,,knpa coba pake nanyak lageee!!!!
payah!!
Menurut analisa rekan-rekan mekanik, ada kemungkinan panjang main axle MX lama dengan yang baru tdk terpaut jauh. Pasti ada perbedaan crankcase, namun ditilik dari analisa hasil komparasi MX baru yg konon top speednya berkisar 120 – 125 km/jam (bobot penguji 60kg)maka saya asumsikan bahwa final ratio MX baru dan Lama tdk jauh berbeda, dimana perbedaan 5 speed tersebut dipergunakan untuk mengisi jeda antara gigi 3 ke 4 pada MX lama yg sering dikeluhkan terlalu jauh. Tapi yah… ini asumsi ya.. krn kalau MX lama dijejali dengan ratio Vixion emang sangat banyak merubah…..
New jupi mx bagus dehh…
Gue bakal inden 2 motor
;D
SIlahkan di lihat kelanjutannya di ===>
http://modifmania.com/2010/12/31/apakah-new-jup…6-speed-part-i/
kalo bisa cc nya 150 biar cepet
dan gear nya 6 mantappppppppp!!!!!!
bagus tuh,biar bisa nglahin satria f
Apakah jupi mx lama tidak bisa menjadi 5 speed…??
Very good write-up. I absolutely love this website.
Keep writing!
Reblogged this on VJ RacingSpeed.
My family members every time say that I am killing my time here
at web, but I know I am getting experience daily by reading such nice content.
brrti MX lama 4 speed bisa di jejali dgn ratio vixion mnjadi 5 speed?
penambahan ratio untuk mx lama dan sdikit modifikasi bisa menambah power speed